Rabu, 24 April 24

Ketika Pemimpin Dunia Ikut Berduka Atas Gempa Sulteng

Ketika Pemimpin Dunia Ikut Berduka Atas Gempa Sulteng
* Proses evakuasi korban gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah. (Foto: Tribunnews.com)

Jakarta, Obsessionnews.com – Peristiwa gempa bumi dengan magnitudo 7,4 skala richter dan tsunami yang melanda kawasan Palu dan Donggala di Sulawesi Tengah ikut menggugah rasa keprihatinan para pemimpin dunia. Mereka ramai-ramai mengucapkan belasungkawa atas musibah tersebut. Kesedihan atas bencana yang merenggut ribuan korban jiwa tersebut tak hanya terasa di Tanah Air, namun pula hingga ke dunia internasional.

Presiden China Xi Jinping menyampaikan pesannya kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan siap memberikan bantuan sesuai dengan kebutuhan berbagai pihak Indonesia. Atas nama pemerintah China Xi menyebut, bahwa Indonesia merupakan negara tetangga yang ramah dan China memberikan simpati terhadap keluarga korban bencana.

“Kami sangat terkejut mendengar kabar gempa bumi dan tsunami yang dahsyat mengguncang Provinsi Sulawesi  Tengah. Kami sangat sedih karena banyak korban yang nyawa dan menimbulkan kehancuran di sana,” kata Xi seperti dikutip obsessionnews.com dari China Daily, Selasa (2/10/2018).

Presiden Korea Selatan Moon Jae-in tak lama setelah gempa menyurati Presiden Joko Widodo. Ia mengucapkan belasungkawa dengan banyaknya korban jiwa yang meninggal akibat kejadian tersebut. Ucapan ini juga ditujukan untuk keluarga korban yang kehilangan anggota keluarganya.

“Semoga masyarakat Indonesia diberikan ketabahan untuk bangkit dari kesedihan dan semoga situasi di Indonesia cepat pulih di bawah kepemimpinan Bapak Presiden Joko Widodo,” papar Moon.

Hal yang sama juga diutarakan oleh Perdana Menteri Australia Scott Morison dalam cuitannya di Twitter. Ia mengaku sangat sedih mendengar bencana di Palu pekan lalu. Australia pun menawarkan bantuan untuk Indonesia atas kejadian ini.

“Saya sangat sedih mendengar peristiwa tragis di Sulawesi. Saya menyampaikan doa sepenuh hati Australia untuk Presiden Joko Widodo dan teman-teman Indonesia kami, dan semua yang terkena dampaknya. Australia siap membantu,” tulisnya.

Senada dengan beberapa pemimpin lain, Presiden Singapura Halimah Yacob mengirim surat khusus kepada Presiden Jokowi yang berisi rasa duka dan kesedihan mendalam rakyat Singapura atas bencana di Palu. Halimah mengatakan, bahwa Singapura akan memberikan bantuan untuk mendukung upaya bantuan yang sedang berlangsung di Indonesia saat ini.

“Kami bersama warga Indonesia di masa sulit ini, Singapura siap menawarkan Indonesia berbagai bantuan,” ucap Halimah.

Menteri Luar Negeri Filipina Alan Peter juga menyampaikan belasungkawa kepada Indonesia. Filipina, katanya, siap untuk menanggapi dan memperpanjang bantuan ke Indonesia.

“Kami berduka dengan saudara-saudara kita di Indonesia. Kami berdiri, bergandengan tangan dengan mereka dalam doa untuk semua orang yang kehilangan nyawa dalam tragedy ini,” katanya.

Palu dan Donggala porak-poranda setelah diguncang gempa dan tsunami pada Jumat (28/9/2018). Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melaporkan bahwa tsunami setinggi 1,5 hingga 2 meter menghantam Palu setelah gempa terjadi. Berbagai bangunan hancur dan jalan retak akibat gempa dan tsunami ini.

Hingga saat ini total korban tewas sudah hampir mencapai 1.000 orang. Jumlah korban tewas. Menurut Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwonugroho, ada kemungkinan akan terus bertambah karena banyak jenazah yang belum teridentifikasi. (Has)

 

Baca juga:

Raja Salman Tawarkan Bantuan untuk Korban Gempa Sulteng

Semua Pegawai Kemenkeu Selamat di Palu dan Donggala

Korban Gempa Tsunami Palu Dikubur Massal

Ribuan Warga Palu Rebutan Hercules untuk Mengungsi

Terjadi Kekacauan di Bandara, Hercules Hentikan Sementara Penerbangan ke Palu

Gempa-Tsunami Palu, 1.500 Napi Kabur dari Penjara

 

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.