Sabtu, 25 September 21

Keterlambatan Fungsi Bicara dan Bahasa

Jakarta, 20 Mei 2017 –  Function Room Ciputra Medical Center, Lotte Shopping Avenue Lt. 5 – Jakarta Selatan, Global Centre Consulting Psychology, menyelenggarakan sebuah Seminar bertajuk “Speech Delay – Keterlambatan Fungsi Bicara dan Bahasa”. Acara akan dihadiri baik dari kalangan mahasiswa, dokter, dan orangtua ini bertujuan untuk deteksi dini dan mengenali keterlambatan bicara pada anak sejak dini.

Karena, kemampuan bicara dan bahasa adalah infestasi terbesar anak di masa depan untuk mencapai berbagai prestasi. Selaku pembicara utama dalam Seminar, akan hadir seorang Psikiater, Dr. Dharmawan A. Purnama, SpKJ.

Sering ditemukan anak anak yang masih sulit untuk berbicara atau berkomunikasi. Dan umumnya usianya masih disekitaran 15 bulan hingga 4 tahun. Mereka mengalami keterlambatan bicara. Keterlambatan bicara atau speech delay adalah keterlambatan kemampuan berbicara yang terjadi pada anak-anak. Gangguan ini sering ditemui pada zaman sekarang oleh para orang tua pada anak mereka. Ini terjadi kerena kesibukan orang tua yang padat sehingga mereka lupa untuk banyak melakukan stimulasi berbicara kepada anaknya.

Beberapa laporan menyebutkan angka kejadian gangguan bicara dan bahasa berkisar 5 – 10% pada anak sekolah. Penyebab gangguan bicara dan bahasa sangat luas dan banyak, terdapat beberapa resiko yang harus diwaspadai untuk lebih mudah terjadi gangguan ini. Gangguan kesulitan dan keterlambatan bicara dan berbahasa (Speech and Language Delay and Disorder) sangat berkaitan erat dengan masalah komunikasi dan mekanisme fungsi oralmotorik.

Gangguan kesulitan (disorders) dan keterlambatan (delay) berbicara dan berbahasa pada anak-anak, berkisar dari ketidakmampuan untuk substitusi suara sederhana, untuk memahami atau menggunakan bahasa dan menggunakan mekanisme fungsional oralmotoriknya.

Gangguan kesulitan (speech disorder) bicara dan berbahasa pada anak, menggambarkan perkembangan kemampuan (skill) bicara dan berbahasa pada anak-anak yang berkembang secara tidak normal. Ini adalah masalah yang paling umum dan sering diketemui pada anak-anak usia prasekolah.

Sedangkan Keterlambatan (speech delay) bicara dan berbahasa pada anak, menggambarkan kemampuan (skill) anak yang berkembang, tetapi pada tingkat yang lebih lambat dari anak-anak sebayanya sesuai dengan tahapan tumbuh kembang anak. Masalah keterlambatan bicara dan berbahasa ini, bisa ringan, sedang, atau berat.

Semakin dini kita mendeteksi kelainan atau gangguan tersebut maka semakin baik pemulihan gangguan tersebut Semakin cepat diketahui penyebab gangguan bicara dan bahasa pada maka semakin cepat stimulasi dan intervensi dapat dilakukan pada anak tersebut.

Deteksi dini gangguan bicara dan bahsa ini harus dilakukan oleh semua individu yang terlibat dalam penanganan anak ini, mulai dari orang tua, keluarga, dokter kandungan yang merawat sejak kehamilan dan dokter anak yang merawat anak tersebut.

Pada anak normal tanpa gangguan bicara dan bahasa juga perlu dilakukan stimulasi kemampuan bicara dan bahasa sejak lahir bahkan bisa juga dilakukan stimulasi sejak dalam kandungan. Dengan stimulasi lebih dini digarapkan kemampuan bicara dan bahsa pada anak lebih optimal, sehingga dapat meningkatkan kualitas komunikasinya.

Penanganan keterlambatan bicara dilakukan pendekatan medis sesuai dengan penyebab kelainan tersebut. Biasanya hal ini memerlukan penanganan multi disiplin ilmu di bidang kesehatan, di anataranya dokter anak dengan minat tumbuh kembang anak, Rehabilitasi Medik, Neurologi anak, Alergi anak, atau klinisi atau praktisi lainnya yang berkaitan.

 

Global Centre Consulting Psychology

Nathasia Sibarani – Project Director

Sri Wahyuni – Media Relation

Email: [email protected] Email: [email protected]

 

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan menghubungi :
Sekretariat Global Centre Consulting Psychology,
Jl. Taman Buaran Indah I Blok G No 1, Jakarta 13470
Hp. (0852) 1041 8368 / (0813) 1003 0032
Email: [email protected]

 

(Ali Usman)

 

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.