Senin, 18 November 19

Ketegangan Hubungan Turki dan AS Makin Meningkat

Ketegangan Hubungan Turki dan AS Makin Meningkat
* S-400

Surat kabar Turkiye cetakan Istanbul menulis, hubungan Turki dan Amerika Serikat (AS) tengah melewati periode sulit dan penuh ketegangan.

Koran Turkiye hari Ahad (27/5) dalam sebuah artikel menulis, sikap Washington terkait pembelian sistem antir rudal S-400 dari Rusia oleh Turki merupakan satu kasus yang memunculkan ketegangan dalam hubungan Ankara dan Washington.

“Amerika berusaha mencegah pengiriman senjata yang dibeli Ankara dan alih teknologi ke Turki agar tetap dapat mengontrol negara ini, tapi Turki telah mempersiapkan langkah-langkah yang diperlukan untuk menghadapi aksi merusak Gedung Putih,” tambah koran Turkiye.

Koran cetakan Istanbul ini menjelaskan bahwa peringatan-peringatan yang disampaikan Amerika kepada Turki tidak akan berhasil. Menurutnya, transformasi di utara Suriah dan semakin meningkatnya ketegangan antara Iran dan AS merupakan masalah serius lainnya dalam hubungan Ankara dan Washington.

Koran Turkiye juga menyebut ketidakpuasan negara-negara Eropa dari Amerika akibat memutuskan secara sepihak untuk keluar dari kesepakatan internasional Rencana Aksi Bersama Komprehensif (JCPOA).

“Amerika dengan memaksakan kehendak dan perilakunya telah membahayakan keseimbangan sistem internasional,” pungkas koran Turkiye. (ParsToday)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.