Minggu, 2 April 23

Kesuksesan Michael Jordan Pasca Pensiun

Kesuksesan Michael Jordan Pasca Pensiun
* Michael Jordan dengan aksi slam dunknya (Foto bola.com)

Siapa yang tidak mengenal Michael Jeffrey Jordan atau yang lebih akrab disapa Michael Jordan, sang legendaris basket. Pria kelahiran 17 Januari 1963 ini merupakan salah satu pebasket dengan raihan penghargaan yang cukup memukau. Kariernya di dunia basket bisa dibilang sangat cemerlang.

Ia pernah tiga kali meraih gelar MVP all star dan lima kali gelar MVP reguler. Selain itu, ia juga pernah menjadi top skor NBA sebanyak 10 kali. Tidak hanya meraih prestasi individu, Jordan juga menyumbang piala kemenangan bagi timnya, Chicago Bulls. Enam kali gelar juara National Basketball Association (NBA) berhasil ia raih bersama timnya tersebut.

Sebelum benar-benar pensiun, Jordan sempat keluar dari timnya, Bulls, dan beralih menjadi pemain baseball. Kemudian kembali lagi ke dunia basket pada tahun 1995. Ia pun kembali ke tim yang membuat namanya melambung.

Aksi Michael Jordan (kiri) saat bermain bersama timnya Bulls (foto: espn)

Tidak lama berselang, tepatnya tahun 1998, ia kembali mengumumkan bahwa dirinya mundur dari dunia basket. Meski setelah itu ia kembali untuk bermain di tim Washington Wizards.

Pria yang memiliki tinggi badan 198 cm ini akhirnya memutuskan untuk gantung sepatu pada tahun 2003, setelah berhasil meraih banyak prestasi yang sangat membanggakan. Ia memutuskan pensiun setelah sekitar 33 tahun menekuni dunia basket.

Salah satu penghasilan terbesarnya adalah melalui brand, Jordan Brand, yang menggunakan nama besarnya.

Setelah pensiun, ia memutuskan untuk berbisnis. Salah satu penghasilan terbesarnya adalah melalui brand, Jordan Brand, yang menggunakan nama besarnya. Anak perusahaan Nike ini menjadi salah satu penghasil pundi-pundi Jordan setelah pensiun dari dunia atlet basket.

Selain itu, ia juga mendapat dukungan dana dari sponsor. Pada tahun 2015 pendapatan yang berhasil ia terima dari sponsor menyentuh angka US$ 100 juta atau setara dengan Rp1,3 triliun. Belum lagi saham yang ia miliki atas tim Charlotte Hornest. Pada tahun 2010 saja Jordan memiliki 80 persen saham tim tersebut.

Menurut Forbes, dari bisnis dan sponsor, kekayaan Jordan pada tahun 2016 mencapai US$ 1,1 miliar atau setara dengan Rp15,2 triliun.

Dengan jumlah hartanya yang menyentuh angka triliunan, bisa dibilang bahwa Michael Jordan sukses meski telah pensiun dan mundur dari dunia yang membesarkan namanya kini. (Indah)

Sumber

 

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.