Rabu, 12 Agustus 20

Keselamatan Pelajar dan Tenaga Pengajar Harus Diutamakan

Keselamatan Pelajar dan Tenaga Pengajar Harus Diutamakan
* Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin meninjau langsung kesiapan SMAN 4 Kota Sukabumi, Jawa Barat, untuk memulai kembali Kegiatan Belajar Mengajar (KBM), Rabu (8/7/2020). (Foto: FB Ma'ruf Amin)

Jakarta, Obsessionnews.com
Dalam kunjungan kerja ke Kota Sukabumi, Jawa Barat, Rabu, 8 Juli 2020, Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin meninjau langsung kesiapan SMAN 4 untuk memulai kembali Kegiatan Belajar Mengajar (KBM).

 

Baca juga:

Ma’ruf Amin Beberkan Empat Kunci Sederhana Lawan Covid-19

BNI Percepat Restrukturisasi Debitur UMKM yang Terdampak Covid-19

 

Ma’ruf mengatakan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan lembaga pendidikan di setiap daerah yang akan memulai kembali aktivitas KBM secara tatap muka langsung dalam tatanan normal baru.⁣

“Pertama, semua dari pusat sampai daerah harus satu visi dan misi bahwa ad-dhararu yuzalu (kemudaratan harus dihilangkan). Covid-19 adalah masalah Indonesia bahkan dunia saat ini yang harus diatasi bersama. Konsep new normal kita adalah menuju Indonesia yang produktif, tapi aman dari Covid-19,” tutur Ma’ruf di laman Facebooknya, Kamis (9/7).

Kedua, lanjutnya, lembaga pendidikan yang akan memulai KBM secara tatap muka langsung harus benar-benar dipastikan berada di zona hijau. Untuk memastikannya harus ada komunikasi intensif dengan pemerintah setempat mulai dari kepala desa (lurah), camat, walikota, bupati, sampai gubernur.

“Jangan memaksakan atau menggunakan ego sektoral yang membahayakan. Keselamatan pelajar dan tenaga pengajar harus diutamakan,” tegasnya.⁣

Ketiga, lembaga pendidikan harus melakukan inovasi agar pendidikan bisa berjalan dan kesehatan tetap terjaga. protokoler kesehatan harus benar-benar dijalankan secara ketat dan disiplin. Tersedia fasilitas cuci tangan, pakai masker, jaga jarak dan juga rutin dilakukan penyemprotan disinfektan.⁣

Keempat, zona hijau tetap harus dilakukan evaluasi secara berkala agar terjaga konsistensinya. Bahasa agamanya istiqomah.

Mencapai zona hijau itu sulit, mempertahankannya jauh lebih sulit,” ujarnya.

Menurutnya, mencegah terhadap penularan Covid-19 menjadi prioritas yang harus dilakukan bersama. (arh)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.