Selasa, 26 Oktober 21

Kerugian Banjir Padang Rp30 Miliar

Kerugian Banjir Padang Rp30 Miliar

Padang, Obsessionnews – Kerugian akibat banjir yang merendam Kota Padang, Sumbar pada Selasa (22/3) diperkirakan mencapai Rp30 miliar. Kerugian terparah akibat banjir, kerusakan infrastruktur jalan, jembatan, irigasi dan intake (kolom penampungan air) milik Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) serta barang elektronik dan persawahan.

Walikota Padang Mahyeldi Ansharullah mengatakan, kerugian itu berdasarkan pendataan dilapangan.

“Memang membawa kerugian tidak kurang dari Rp30 miliar, termasuk jembatan, sawah-sawah, jaringan irigasi, intake PDAM dan perlatan rumah tangga masyarakat yang terendam,” ujar Mahyeldi usai pemindahan tempat Museum Gempa Bumi 2009, Sabtu (26/3).

Dampak akibat banjir yang terjadi, menyebabkan kerusakan sejumlah infrastruktur di Kota Padang, selain jembatan di Pasia Nan Tigo, intake milik PDAM mengalami kerusakan. Akibat kerusakan dihantam banjir dan material longsoran, air bersih ke rumah pelanggan sempat terhenti, karena kerusakannya cukup parah.

Kerusakan peralatan rumah tangga masyarakat akibat terendam juga cukup parah. Bahkan dampak dari musibah banjir, hingga hari kelima terjadi, kondisi sebahagian warga belum normal.

Warga di Kampung Jambak dan Maransi, Parak Jambu masih sibuk membersihkan rumah dari lumpur serta menjemur peralatan rumah tangga mereka yang basah.

Untuk mempercepat pemulihan, Pemerintah Kota (Pemko) Pdang menetapkan masa tanggap darurat selama tujuh hari. Tanggap darurat terhitung sejak 22 hingga 29 Maret 2016. (Musthafa Ritonga)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.