Selasa, 19 Oktober 21

Kerjasama Danamon dan Kemendagri Nyamankan Nasabah

Kerjasama Danamon dan Kemendagri Nyamankan Nasabah

Jakarta, Obsessionnews – Hari ini, PT Bank Danamon Indonesia Tbk (Danamon) menandatangani kerjasama penggunaan nomor induk kependudukan untuk meningkatkan akurasi data nasabah perbankan dengan Direktorat Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil (Ditjen Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri.

Ini, juga bertujuan meningkatkan proses verifikasi identitas nasabah serta mencegah penyalahgunaan identitas serta identitas palsu dengan tetap menjaga kerahasiaan data.

Dalam penandatanganan tersebut, Danamon diwakili Direktur Utama. Sng Seow Wah serta Direktur Operasional dan Consumer Bankin Danamon, Michellina Triwardhany.

Akurasi data, merupakan aspek penting yang berdampak terhadap keamanan transaksi perbankan. Makanya, kerjasama dengan Ditjen Dukcapil menjadi sangat penting.

Lewat kerjasama ini, Danamon memperoleh akses terhadap data kependudukan. Dengan proses verifikasi identitas lebih akurat, nantinya nasabah merasa lebih aman dan nyaman dalam bertransaksi.

Ditjen Dukcapil sendiri, merupakan unsur pelaksana Kementerian Dalam Negeri di bidang kependudukan serta pencatatan sipil dengan tugas melaksanakan pemantauan, evaluasi dan pelaporan di bidang pendaftaran kependudukan dengan memanfaatkan database, nomor induk, dan kartu tanda penduduk elektronik.

Pada tahap awal, data nomor induk kependudukan (NIK) diimplementasikan pada beberapa cabang konvensional dan unit kantor pusat Danamon sebagai pilot project. Kemudian, secara bertahap ke seluruh cabang konvensional serta syariah. Seterusnya, dilanjutkan ke unit simpan pinjam dan unit usaha Danamon lainnya.(Mahbub Junaidi)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.