Senin, 29 April 24

Keripik Ikan Produksi Cimandala Makmur Sejahtera Tembus Pasar Taiwan dan Australia

Keripik Ikan Produksi Cimandala Makmur Sejahtera Tembus Pasar Taiwan dan Australia
* Keripik ikan produksi CV Cimandala Makmur Sejahtera. (Foto: ist)

Obsessionnews.com – Pertamina memiliki kepedulian yang besar untuk memajukan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di tanah air. Salah satu UMKM yang dibina oleh Badan Usaha Milik Negara (BUMN) tersebut adalah CV Cimandala Makmur Sejahtera yang bergerak di sektor keripik kulit ikan parin.

 

Baca juga: Dibina Pertamina, Mutiara Gitbay Raih Penghargaan UMKM SUMMIT Awards 2024

 

 

Cimandala Makmur Sejahtera milik Ciptoyoso ini berlokasi di Cimaburan No. 23 RT 04/RW 07 Kampung Kelapatujuh, Desa Sukawening, Kecamatan Dramaga, Kabupaten Bogor. UMKM ini didirikan pada 2019. Setahun kemudian, yakni pada 2020 terpilih menjadi UMKM binaan Pertamina.

 

Ciptoyoso pemilik CV Cimandala Makmur Sejahtera. (Foto: ist)

 

Ciptoyoso mengungkapkan dukungan dari Pertamina memberikan fasilitas pameran secara gratis di Trade Expo Indonesia (TEI) 2023, memfasilitasi pameran di bazar, dan membantu branding dengan mempertemukan dengan media.

Ketika ditanya apa saja manfaat yang diperolehnya dengan adanya dukungan dari Pertamina, Ciptoyoso menjawab, “Terdapat peningkatan awareness perusahaan di internal Pertamina. Dan ada prospek buyer yang mulai tertarik terhadap produk kami setelah event TEI 2023.”

 

 

Cimandala Makmur Sejahtera yang mempekerjakan tujuh orang beraset Rp250 juta, sedangkan omzetnya Rp1 miliar per tahun.

Ciptoyoso berobsesi besar agar keripiknya dapat mengglobal. Untuk mencapai hal tersebut ia berupaya meningkatkan kualitas produk dari segi rasa dan kandungan nutrition fact, melakukan beberapa kali international expo secara daring pada 2020, 2021, dan 2022.

Salah satu sisi yang menarik adalah keripik ikan yang diproduksi Cimandala Makmur Sejahtera berhasil tembus ke pasar luar negeri. Ciptoyoso menjelaskan keripiknya berhasil diekspor ke Taiwan dan Australia. “Tapi belum rutin,” ujarnya.

Ia berharap dibantu dari akses pasar dan juga aspek permodalan sehingga bisa bekembang dan bisa menambah tenaga kerja sesuai dengan perkembangan usaha.

Kiprah Cimandala Makmur Sejahtera yang apik itu mengantarkannya sebagai salah satu di antara 15 UMKM yang mendapat UMKM SUMMIT Awards 2024 Kategori UMKM Binaan di Hotel Aston Priority Simatupang, Jalan TB Simatupang, Jakarta Selatan, Kamis (7/3/2024).

Acara tersebut diselenggarakan oleh Obsession Media Group (OMG). Pemberian penghargaan melalui UMKM SUMMIT Awards 2024 ini bertujuan untuk mendorong perkembangan ekonomi lokal, memotivasi pelaku UMKM untuk terus meningkatkan kualitas produk dan layanan mereka agar dapat menjadi pilihan yang utama pelanggan Indonesia dan menembus pasar global melalui basis digital dan berkelanjutan.

 

https://www.youtube.com/watch?v=qcDzpbYo0mk&t=32279s

Penetapan pemenang UMKM SUMMIT 2024 setiap kategori dilakukan oleh Dewan Juri dari OMG Editor Club bekerja sama dengan Indonesia Research and Survey (IReS).

Selain pemberian penghargaan juga digelar seminar dengan tema “UMKM Sebagai Motor Penggerak Perekonomian Nasional” yang terbagi lagi menjadi empat subtema, yaitu “Inovasi dan Pertumbuhan UMKM yang Berkelanjutan”, “UMKM Muda Go Global, Kendala & Solusinya”, “Melalui Digital UMKM Naik Kelas”, dan “Mitra UMKM Dukung Usaha UMKM menuju Go Digital, Go Global & Go Green.” (Sella Eka/arh)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.