Senin, 22 Juli 19

Kereta Tanpa Awak Beroperasi di Bandara Soekarno-Hatta

Kereta Tanpa Awak Beroperasi di Bandara Soekarno-Hatta

Jakarta, Obsessionnews.com – Dulu memiliki kereta tanpa awak atau skytain terbilang mimpi bagi Indonesia. Namun kini tidak lagi. Skytrain baru saja resmi beroperasi pada hari ini Minggu, 17 September 2017, atau bertepatan dengan Hari Perhubungan Nasional.

Skytrain yang beropersi untuk moda transportasi bandara Soekarno Hatta, Tangerang ini tidak kalah dengan layanan di Singapura dan Kuala Lumpur Internasional Airport (KLIA) yang telah memiliki fasilitas layanan kereta antar terminal.

Pengoperasian Skytrain tersebut dilakukan setelah Kementerian Perhubungan melakukan sejumlah verifikasi khususnya terkait dengan keselamatan, keamanan, dan pelayanan, di mana kemudian diterbitkan Keputusan Menteri Perhubungan RI Nomor KP 841 Tahun 2017 tentang Izin Operasi Perkeretaapian Khusus Kepada PT Angkasa Pura II (Persero).

Tahap awal, Skytrain akan beroperasi melayani perpindahan penumpang pesawat atau pengunjung bandara dari Terminal 3 ke Terminal 2 dan sebaliknya pada pukul 07.00 – 09.00 WIB, lalu 12.00 – 14.00 WIB, serta 17.00 – 19.00 WIB.

Peresmian Skytrain di Bandara Soetta, Tangerang, Minggu (17/9/2017) (Dok. PT Angkasa Pura II)

Nantinya, Skytrain akan beroperasi 24 jam dalam 1 hari. Penumpang pesawat juga dapat mengetahui jadwal keberangkatan dan kedatangan Skytrain melalui aplikasi Indonesia Airport di smartphone iOS dan android.

Adapun lintasan yang dilalui pada tahap awal ini adalah sepanjang 1.700 m dan kapasitas 1 set Skytrain yang terdiri dari 2 kereta ini adalah sebanyak 176 orang.

Direktur Utama PT Angkasa Pura II (Persero) Muhammad Awaluddin mengatakan Skytrain sebagai moda transportasi publik modern yang belum pernah ada sepanjang sejarah di Indonesia sekarang dioperasikan di Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

“Hal ini menandakan dunia transportasi nasional terus berkembang demi peningkatan pelayanan kepada masyarakat,” katanya dalam keterangan resminya. (Popi)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.