fbpx

Kamis, 21 Februari 19

Kereta Api Karya George Stephenson yang Dinikmati Banyak Orang

Kereta Api Karya George Stephenson yang Dinikmati Banyak Orang
* Insinyur rel kereta api. (George Stephenson)

Jakarta, Obsessionnews.com – Kereta api. Ya, kereta api merupakan jenis moda transportasi massal yang pada umumnya terdiri dari lokomotif dan rangkaian gerbong, baik gerbong penumpang maupun barang yang saat ini digemari oleh masyarakat untuk berpergian.

Namun taukah anda siapa penemu atau pencipta kereta api? Dialah George Stephenson, seorang insinyur rel kereta api. Orang yang sangat berjasa bagi masyarakat di dunia. Hasil karyanya sampai saat ini dinikmati oleh orang banyak. Untuk lebih mendalam lagi mengetahui tentang George dan hasil karyanya, yuk kita simak ulasannya.

George Stephenson lahir dan tumbuh besar di Wylam, Northumberland, Inggris, 9 Juni 1781 merupakan seorang insinyur rel kereta api. Ayah Stephenson bekerja pada sebuah perusahaan pertambangan yang tugasnya memasukkan batubara ke dalam tungku perapian dari mesin uap. Yaitu mesin yang menggunakan energi panas dalam uap air dan mengubahnya menjadi energi mekanis. Mesin uap digunakan dalam pompa, lokomotif dan kapal laut, dan sangat penting dalam Revolusi Industri.

Mesin uap merupakan mesin pembakaran eksternal, dengan cairan yang terpisah dari hasil pembakaran. Sumber panas yang dapat digunakan yaitu tenaga surya, tenaga nuklir, atau tenaga panas bumi. Jika uap berkembang melalui piston atau turbin, akan menyebabkan kerja mekanik.

George pada mulanya bekerja sebagai gembala sapi pada usia delapan tahun. Kemudia ia juga bekerja di sebuah pertambangan batubara, mula-mula ia membantu Ayahnya, lambat laun ia menjadi kepala mesin uap. Sambil bekerja ia mulai belajar membaca dengan ikut kursus di malam hari. Setelah ia mampu membaca ia mulai membaca semua buku tentang mesin.

Pada suatu ketika ia diminta membantu untuk memperbaiki mesin uap, setelah itu ia diserahkan tugas yang penting dalam permesinan. Pada waktu itu pertambangan batu bara sedang mencoba menggunakan lokomotif uap atau mesin uap yang dapat digerakkan untuk mengganti tenaga kuda yang menarik kereta batubara.

Kemudian George membuat mesin yang disebut Blucher. Mesin berjalan dengan sukses. Setelah itu ia ditunjuk sebagai Insinyur untuk pembangunan jalan kereta api umum yang pertama Stokton-Darlington, Inggris yang dibuka pada tahun 1825. Kemudian pada tahun 1826 ia bekerja untuk pembangunan jalan kereta api Liverpool-Manchester yang dibuka pada tahun 1830.

Kemudian pada zaman itu ada suatu kontes yang diadakan untuk memilih jenis mesin apa yang cocok untuk kereta api. Stephenson ikut ambil bagian dan memenangkannnya dengan mesinnya yang bernama Rocket. Mesin Rocket ini sekarang masih ada dan terdapat pada Museum Ilmu Pengetahuan di London.

Pages: 1 2 3

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.