Kamis, 26 Mei 22

Keren! Relawan ‘Teman Ahok’ yang Fenomenal

Keren! Relawan ‘Teman Ahok’ yang Fenomenal
* Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok. (Foto: Edwin Budiarso)

Jakarta, Obsessionnews – Tak terasa telah tujuh bulan komunitas relawan ‘Teman Ahok’ telah menjalankan tugas yang ‘cerdas’. Yakni, mengumpulkan fotokopi kartu tanda penduduk (KTP) untuk mendukung Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) maju pada Pilkada DKI Jakarta 2017 mendatang. Gubernur DKI ini akan mengikuti Pilkada DKI melalui jalur independen alias nonpartai, dan untuk itu diperlukan dukungan sejuta KTP.

Ahok semula kader Partai Gerindra, lalu angkat kaki dari partai besutan Prabowo itu pada 2014. Pasalnya, ia tidak sejalan dengan keinginan Gerindra tentang Pilkada. Gerindra menginginkan Pilkada dipilih oleh DPRD, sementara Ahok berkeinginan Pilkada dipilih langsung oleh rakyat.

Setelah resmi keluar dari Gerindra, Ahok memutuskan tidak bergabung dengan partai politik (parpol) apa pun. Selain itu, mantan Bupati Belitung Timur ini juga memutuskan akan berkompetisi di Pilkada DKI 2017 melalui jalur independen.

Keputusan Ahok itu langsung mendapat respons positif dari para pendukungnya yang kemudian membentuk komunitas ‘Teman Ahok’. Sebagian besar relawan ini yang dulu mendukung duet Joko Widodo (Jokowi)-Ahok pada Pilkada DKI 2012. Jokowi-Ahok berhasil memenangkan Pilkada tersebut. Selanjutnya, Ahok naik kelas dari wakil gubernur menjadi gubernur pada 19 November 2014, menggantikan Jokowi yang terpilih menjadi Presiden RI.

‘Teman Ahok’ yang berinisiatif mengumpulkan KTP sejak Juni 2015. Mereka aktif menyosialisasikan sejuta KTP di dunia maya, lalu mendirikan sejumlah posko di berbagai kelurahan dan mal. Selain itu, mereka juga mengoperasikan dua unit mobil untuk menghimpun KTP.

Popularitas Ahok yang terus melejit berdampak positif dalam upaya pengumpulan KTP. Selain ke posko dan mal, tidak sedikit warga yang mendatangi langsung markas ‘Teman Ahok’ di Graha Pejaten, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, untuk menyerahkan KTP-nya.

Hingga Sabtu (19/12), tercatat ‘Teman Ahok’ telah berhasil mendapat 514.014 KTP.

Keren! Perolehan KTP untuk Ahok itu sungguh fenomenal. Inilah untuk pertama kali dalam sejarah Indonesia seorang calon kepala daerah mendapat dukungan diperkirakan bisa mencapai sejuta KTP.

Dan hebatnya lagi, perolehan KTP untuk Ahok tersebut mengalahkan perolehan suara 10 parpol peserta Pemilu 2014 di DKI. Yakni, PPP sebesar 452.224 suara, PKS (424.400 suara), Golkar (376.221 suara), Partai Demokrat (360.929 suara), Hanura (357.006 suara), PKB (260.159 suara), Nasdem (206.117 suara), PAN (172.784 suara), PBB (60.759 suara), dan PKPI (42.217 suara).

Tinggal dua partai yang masih berada di atas perolehan KTP untuk Ahok, yakni Partai Gerindra (592.472 suara), dan PDI-P (1.231.843 suara).

‘Teman Ahok’ menargetkan Juli 2016 terkumpul sejuta KTP. Tampaknya perolehan KTP pada Juli 2016 bakal melebihi target, karena begitu tingginya animo masyarakat yang mendukung Ahok. Dan kemungkinan besar KTP untuk Ahok bakal melewati perolehan suara PDI-P. (arh)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.