Sabtu, 21 Mei 22

Keren! Doraemon Ini Bisa Ubah Asap Jadi Oksigen

Keren! Doraemon Ini Bisa Ubah Asap Jadi Oksigen

Semarang, Obsessionnews – Doraemon, seringkali orang langsung berpikir sebuah tokoh kartun asal Jepang yang memiliki kantung ajaib dan bisa mengeluarkan berbagai alat dari dalamnya. Dengan alat itu, Doraemon kerap menolong Nobita dan kawan-kawannya melewati hari-hari yang seru. Namun, Doraemon buatan mahasiwa Universitas Dian Noeswantara sangat berbeda. Alih-alih bisa mengeluarkan alat ajaib, Doraemon-A justru bisa mengeluarkan udara bersih, hasil saringan dari asap kendaraan bermotor.

“Sebenarnya sih enggak Cuma gara-gara tokoh Doraemon. Tapi kami memilih nama ini setelah ingat salah satu produk jasa sedot WC yang terkenal, terus kami buat nama Doraemon-A untuk alat ini,” kata salah seorang penemu, Filmada Oky Saputra terkekeh kepada obsessionnews.com, Senin (8/8/2016).

Doraemon-A merupakan sebuah alat yang bisa merubah asap beracun kendaraan bermotor menjadi udara besih dan layak untuk dihirup. Oky menceritakan ide ini bermula saat melihat banyaknya polusi udara akibat banyaknya kendaraan bermotor di Kota Semarang. Ia pun terbesit memikirkan bagaimana caranya mengurangi polusi tersebut secara efektif dan efisien.

“Di dekat kampus kami kan ada Tugu Muda. Nah, asap kendaraan yang keluar kan banyak waktu menunggu lampu lalu lintas berjalan. Sedangkan pohon-pohon juga tidak banyak,” ujarnya.

Oky bersama empat kawannya lalu merancang sebuah prototype Doraemon-A. Alat ini berbentuk persegi empat, dengan satu kipas di tengah dan dua pipa sebagai saluran pembuangan. Doraemon-A bekerja layaknya mesin penyedot debu. Asap dan gas beracun serta karbondioksida disedot melalui kipas dan disaring menggunakan alumunium foil.

Asap yang sudah tersaring lalu keluar melalui dua buah pipa di bagian belakang. Hasilnya? Udara layak hirup keluar dan tidak berbau sama sekali. Perawatannya pun cukup mudah. Doraemon-A cukup diganti bagian alumunium foil begitu kotoran sudah menumpuk. Oky mengaku bila alat temuannya ini bisa digunakan dalam skala besar.

“Jadi nanti bisa ditaruh di pinggir-pinggir jalan. Tapi kalau model untuk skala besar seperti kota, ada ruang penyimpanan udara kotor yang disedot. Ruang itu ditanam dibawah tanah, lalu diatas pipa bisa diberi pohon-pohon agar udara yang disaring jadi lebih bersih,” jelasnya.

Kini alat buatannya tersebut tengah dilombakan di Program Kreativitas Mahasiwa Tingkat Nasional. Ia berharap, agar Doraemon-A dapat membantu pengurangan jumlah gas emisi, lebih-lebih polusi udara di Indonesia. (ihy)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.