Senin, 29 November 21

Kepala SKPD di Sumbar Akan Mendapat Gadget

Kepala SKPD di Sumbar Akan Mendapat Gadget
* Kabiro Humas Pemprov Sumbar Irwan

Padang, Obsessionnews – Seluruh Satuan Perangkat Kerja Daerah (SKPD) dilingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Barat (Sumbar) akan mendapat gadget sebagai implemtasi penerapan Sistem Adminstrasi Pemerintahan Maya (Simaya).

Kepala Biro Humas Setdaprov Sumbar, Irwan mengatakan untuk mendukung program Simaya, Pemprov menyiapkan dana sebesar Rp4,7 miliar.

“Dana sebesar itu dipergunakan untuk biaya aplikasi, pembelian perangkat gadget dengan merek tertentu untuk semua SKPD dan biaya pelatihan,” kata Irwan usai launching e-government Sumbar di Gubernuran Jalan Sudirman Kota Padang, Selasa (14/4).

Launching e-government Sumbar itu dilakukan oleh Asisten I Sekretariat Daerah Prov Sumbar Devi Kurnia.

Ditargetkan penggunaan aplikasi Simaya sudah bisa difungsikan bulan September 2015. Setelah berjalan efektif urusan surat menyurat akan berbasis dunia maya. Program itu menjadi salah satu langkah penghematan anggaran.

Jelang program itu berjalan efektif, Pemprov Sumbar tengah mempersiapkan tenaga adiminstrasi yang akan menjalankan aplikasi Simaya.

“Kita akan terus matangkan persiapan agar nantinya pegawai SKPD bisa menjalankannya,” ujarnya.

Dalam kesempoatan yang sama, Asisten I Pemprov Sumbar, Devi Kurnia mengatakan, setelah program itu berjalan akan dapat menghemat anggaran untuk biaya ATK. Selain itu lebih memudahkan urusan adminstrasi karena sudah berbasis data dunia maya. Setiap SKPD dalam melakukan disposisi surat menyurat yang dilakukan di pemerintahan sudah berbasis online.

“Nanti ketika disposisi kepada Gubernur tinggal menggunakan Simaya, sehingga akan menghemat waktu dan tenaga,” sebut Devi Kurnia.

Disamping itu, melalui penerapan Simaya, akan meminimalisir adanya surat yang tercecer yang dilakukan di SKPD. Kepala SKPD juga bisa melakukan disposisi diluar kantor. Dan paling utama Simaya akan sangat menghemat kebutuhan ATK yang biasanya menjadi pengeluaran rutin.

“Jadi, setelah Simaya ini efektif, semua SKPD dapat mengakses aplikasi ini dimana pun. Tentunya akan sangat memudahkan,” ujar Devi. (Musthafa Ritonga)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.