Senin, 29 November 21

Kenaikan BBM Untuk Uang Muka Mobil Pejabat?

Kenaikan BBM Untuk Uang Muka Mobil Pejabat?

Jakarta, Obsessionnews – Para pejabat mendapat suntikan lagi berupa anggaran untuk fasilitas uang muka membeli kendaraan perorangan, dimana sesuai peraturan presiden No. 39 tahun 2015, untuk setiap pejabat negara akan mendapatkan sebesar Rp210 juta per orang.

Kemudian, uang muka fasilitas untuk pembelian mobil pejabat perorangan ini, terlalu mahal dan mewah bila dibandingkan pada peraturan presiden No.68 tahun 2010, dimana setiap pejabat negara hanya dapat untuk pembelian mobil ini sebesar Rp116 juta, dan kenaikan sebesar Rp94,2 juta pe rorang.

Terkait hal ini, Direktur Centre For Budget Analysis (CBA) Uchok Sky Khadafi mensinyalir, kenaikan harga BBM digunakan untuk untuk muka mobil pejabat. “Fasilitas uang muka untuk pembelian mobil tahun 2015 sebesar Rp210 juta, pertumbuhan kenaikan cukup fantastis bila dibandingkan fasilitas kredit pada tahun 2006 hanya sebesar Rp70 juta,” tandasnya.

“Dan payung hukum adalah Peraturan Presiden Nomor 92 tahun 2006. Artinya, pertumbuhan kenaikan uang muka untuk membeli mobil pejabat dari tahun 2006 – 2010 hanya sebesar Rp46.6 juta per orang. Sedangkan pertumbuhan dari tahun 2010 – 2015 kenaikan sampai Rp94,2 juta per orang,” tambahnya.

Yang kedua, lanjut dia, pejabat negara pada zamannya presiden Jokowi cukup enak, dan dimanjakan sekali. Karena, kalau pejabat negara pada masa tahun 2006 – 2010, bentuk bantuan untuk membeli mobil, negara hanya membantu berupa beban bunga untuk membeli mobil tersebut. “Tapi, pejabat negara zamannya Jokowi nih, dapat bantuan berupa fasilitas uang muka alias DP Mobil,” ungkap Uchok.

“Jadi, sudah ditebak, kenaikan BBM oleh menteri ESDM, uangnya kemungkinan hanya untuk membeli mobil pejabat saja, dan kalau ada 100 pejabat mendapat fasilitas uang muka, minimal negara harus mengeluarkan sebesar Rp21 milyar dari kenaikan harga BBM ini,” bebernya. (Asma)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.