Jumat, 27 Mei 22

Kemiri Bisa Cegah Ketombe dan Uban di Usia Muda

Kemiri Bisa Cegah Ketombe dan Uban di Usia Muda
* Ilustrasi manfaat kemiri untuk rambut. (Foto: Kitakininews)

Manfaat kemiri untuk rambut memang sangat melimpah. Buah yang lebih dikenal sebagai rempah-rempah ini tak hanya cocok untuk bumbu masakan, tapi juga bagus untuk menjaga penampilan rambut agar tetap paripurna.

Kemiri atau Aleurites moluccanus merupakan buah dari pohon kemiri yang biasanya tumbuh di daerah iklim tropis seperti Indonesia. Buah kemiri yang bentuknya sangat mirip dengan kacang walnut ini dipercaya bisa mengatasi beberapa permasalah pada rambut.

Manfaat kemiri untuk rambut didapatkan dari protein, karbohidrat, mineral dan vitamin. Kandungan mineral yang ada di dalam kemiri di antaranya adalah fosfor, kalium, kalsium, dan magnesium. Sementara vitamin yang ada di dalam kemiri adalah vitamin A, vitamin B1, vitamin B9. Kemiri juga mengandung beberapa zat lain yang bermanfaat seperti saponin, flavonoid, polifenol, dan fitosterol.

Manfaat kemiri untuk rambut ini sudah banyak dibuktikan dengan beragam testimoni masyarakat. Kemiri yang sudah diolah menjadi minyak diketahui memiliki kandungan nutrisi yang bagus untuk kulit kepala dan rambut.

Sudah sangat lama manfaat kemiri digunakan sebagai ramuan kesehatan rambut. Lantas apa saja manfaat kemiri untuk rambut? Simak penjelasan selengkapnya berikut ini, dilansir Dream dari berbagai sumber.

 

Manfaat Kemiri untuk Rambut
1. Membantu Pertumbuhan Rambut

Biasanya bayi diberi sampo kemiri untuk menumbuhkan rambut si bayi. Karena manfaat kemiri untuk rambut memang bisa menumbuhkan rambut.

Hal ini juga bisa mengatasi bagi kamu yang mengalami rambut rontok atau mengarah pada kebotakan. Minyak kemiri memiliki sifat mencegah rambut rontok dan menstimulasi pertumbuhan rambut baru.

 

2. Mencegah Rambut Kering

Manfaat kemiri untuk rambut yang selanjutnya adalah mencegah rambut kering. Kandungan kemiri yang kaya akan asam amino dan asam lemak esensial mampu menembus hingga ke dalam lapisan kulit kepala. Hal inilah yang dapat membuat rambut terlihat lembab dan sehat.

 

3. Rambut Lebihh Berkilau

Manfaat kemiri untuk rambut juga bisa dibuktikan dengan kemampuannya mengatasi rambut dan membuatnya lebih berkilau.

Kandungan asam gamma-linoleic yang bisa berfungsi sebagai conditioner alami bagi rambut. Fungsinya yakni mengembalikan kelembapan rambut sehingga akan terlihat lebih berkilau.

 

4. Menguatkan Rambut

Manfaat kemiri untuk rambut yang selanjutnya adalah menguatkan rambut. Minyak kemiri bisa dijadikan masker rambut yang memiliki efek menguatkan rambut.

Tata Cara Wudhu dan Doanya, Mulai dari Dalil, Rukun, Syarat Sah, hingga Sunah

Hal ini karena kandungan asam linoleic dan linolenic pada minyak kemiri yang mampu melapisi, menutrisi dan melembapkan rambut serta memperbaiki rambut yang bercabang.

 

5. Mencegah Ketombe

Manfaat kemiri untuk rambut yang tak kalah penting adalah kemampuannya untuk mencegah ketombe. Sebab minyak kemiri mampu melembapkan rambut bukan hanya menyehatkan kulit kepala, namun juga mengatasi masalah ketombe.

6. Mengatasi Gejala Psoriasis

Gejala psoriasis adalah masalah rambut yang ditandai dengan munculnya kulit bersisik, gatal, dan rambut rontok.

Minyak kemiri dapat mengurangi gejala psoriasis tersebut karena bisa mengurangi peradangan dan gatal pada kulit kepala.

 

7. Aman Bagi Kulit Sensitif

Banyak produk kesehatan rambut yang memiliki efek samping yang merugikan. Namun minyak kemiri untuk rambut sangat aman untuk kulit sensitif. Karena minyak ini merupakan produk kecantikan rambut alami yang lansung diambil dari alam.

 

8. Mencegah Munculnya Uban di Usia Muda

Munculnya uban di usia muda juga menjadi masalah pada rambut. Manfaat kemiri untuk rambut salah satunya juga bisa mengatasi masalah uban di usia muda. Minyak kemiri diketahui memiliki kandungan vitamin E sebagai anti-oksidan yang berfungsi untuk mencegah tanda-tanda penuaan dini, salah satunya rambut beruban.

 

9. Melembapkan Kulit Kepala

Manfaat kemiri untuk rambut yang bisa kamu dapatkan adalah kemampuannya melembapkan kulit kepala. Karena ia mengandung tannin yang merupakan antioksidan. Tannin di dalam minyak kemiri dapat membantu kulit kepala menjadi bersih dan terbebas dari bakteri.

 

10. Menjaga Kerusakan Akibat Sinar Matahari

Kandungan vitamin E di dalam minyak kemiri mampu menjaga kerusakan rambut akibat paparan sinar matahari. Vitamin E bekerja menetralisir radikal bebas dan menjaga sel membrane dari kerusakan akibat sinat matahari.

 

11. Meluruskan Rambut

Manfaat kemiri untuk rambut juga bisa merangsang pertumbuhan rambut sehingga bisa lebih cepat Panjang. Selain itu juga bisa membantu meluruskan rambut. Rambut yang lurus karena pemakaian minyak kemiri tentulah tidak seperti hasil rebonding atau catok.

Akan tetapi rambut akan tampak lebih lurus alami dan terlihat indah. Gunakanlah minyak kemiri setelah keramas dengan mengoleskan mulai akar rambut hingga ujungnya.

 

12. Mengurangi Peradangan Akibat Ketombe

Manfaat kemiri untuk rambut juga bisa mengurangi peradangan karena ketombe. Asam linoleat pada kemiri merupakan jenis asam lemak tak jenuh Omega-6 yang memiliki manfaat sebagai antiinflamasi yang terkandung dalam minyak kemiri.

Selain bersifat sebagai antiinflamasi, kandungan tersebut juga dikenal efektif dalam mengurangi peradangan pada kulit kepala akibat ketombe.

 

13. Mengatasi Rambut Rontok

Manfaat kemiri untuk rambut yang sayang untuk dilewatkan lainnya adalah dapat mengatasi rambut rontok. Selain memiliki kandungan omega, minyak kemiri juga memiliki kandungan thiamin atau vitamin B1 yang mampu meresap dengan baik ke dalam kulit kepala yang nantinya akan menutrisi akar rambut. Dengan begitu, rambutmu pun akan jauh lebih ternutrisi, sehingga rontok pun akan berkurang.

 

14. Menutrisi Rambut

Manfaat kemiri untuk rambut yang tak kalah penting adalah untuk menutrisi rambut. Dengan mengaplikasikan minyak kemiri secukupnya secara merata pada rambut dan kulit kepala, kamu sudah turut memenuhi kebutuhan nutrisi pada rambut.

Pijat secara perlahan pada kulit kepala dan biarkan semalaman. Esok hari bilas rambutmu dengan air dan sampo. Lakukan tindakan ini secara rutin agar rambutmu sehat dan semakin tebal.

 

15. Rambut Lebih Tebal dan Hitam

Ingin rambut lebih hitam secara alami? Minyak kemiri solusinya. Dengan mengaplikasikan minyak kemiri ke rambut secara rutin, kamu bisa mendapatkan rambut yang lebih tebal dan hitam. (Dream.co.id/Red)

 

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.