Senin, 18 Oktober 21

Kementerian PUPR Memodernisasi Jaringan Irigasi Rentang di Jabar

Kementerian PUPR Memodernisasi Jaringan Irigasi Rentang di Jabar
* Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) merehabilitasi jaringan irigasi di areal pertanian di Kabupaten Majalengka, Kabupaten Cirebon, dan Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, yang memanfaatkan debit Sungai Cimanuk. (Foto: FB Kementerian PUPR)

Jakarta, obsessionnews.com – Dalam upaya meningkatkan produktivitas pangan nasional untuk mencapai ketahanan pangan, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) selain membangun jaringan irigasi baru juga terus merehabilitasi jaringan irigasi yang telah ada.

 

 

Baca juga:

Kementerian PUPR Bangun Saluran Irigasi Tersier di Cileunya

Presiden Jokowi Instruksikan Bendungan Kuningan Segera Disambungkan dengan Jaringan Irigasi

 

Dikutip obsessionnews.com dari akun Facebook Kementerian PUPR, Rabu (29/9/2021), salah satu rehabilitasi daerah irigasi skala besar yang dilakukan oleh Kementerian PUPR adalah dengan memodernisasi jaringan irigasi rentang di Provinsi Jawa Barat (Jabar).

 

Jaringan irigasi yang mengairi 87.840 ha areal pertanian di Kabupaten Majalengka, Kabupaten Cirebon, dan Kabupaten Indramayu ini memanfaatkan debit Sungai Cimanuk.

 

Modernisasi ini mencakup 5 pilar, yakni memastikan ketersediaan debit air dari Bendungan Jatigede, perbaikan sarana prasarana irigasi dan bangunan, penyempurnaan sistem pengelolaan irigasi, penguatan institusi kelembagaan, dan pemberdayaan SDM.

 

Rehabilitasi Irigasi Rentang diharapkan akan meningkatkan intensitas penanaman (IP) dari 130% menjadi 250%. (red/arh)

 

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.