Rabu, 29 Juni 22

Kementerian PUPR Bedah Rumah Terdampak Tsunami di Lamsel

Kementerian PUPR Bedah Rumah Terdampak Tsunami di Lamsel
* Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memberikan bantuan perbaikan rumah di Desa Way Muli Induk, Kecamatan Rajabasa, Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel), Provinsi Lampung, yang terkena dampak bencana tsunami pada Desember 2018 lalu. (Foto: Kementerian PUPR)

BSPS merupakan program bantuan yang diberikan ke pemerintah kabupaten/provinsi untuk disalurkan ke masyarakat atau warga yang membutuhkan, seperti warga yang terdampak bencana alam untuk meningkatkan keswadayaan dalam pembangunan peningkatan kualitas rumah beserta prasarana, sarana, dan utilitas umum (PSU). Secara nasional dalam kurun 2015-2018 program BSPS telah meningkatkan menjadi rumah layak huni sebanyak 494.169 unit. Pada 2018 Kementerian PUPR telah menyalurkan BSPS untuk 11.327 unit rumah tidak layak huni.

Untuk lebih meningkatkan kualitas program bedah rumah, telah diterbitkan Keputusan Menteri PUPR Nomor 158 tahun 2019 yang menaikkan besaran nilai BSPS yang sebelumnya Rp 15 juta menjadi Rp 17,5 juta terdiri dari komponen bahan bangunan Rp 15 juta dan upah kerja Rp 2,5. Pemberian BSPS dilakukan berdasarkan readiness criteria yang diusulkan dari bupati/ wali kota dan kementerian/lembaga. Usulan dilengkapi data jumlah rumah dan lokasi RTLH yang ada di desa/kelurahan. Jumlah data yang diusulkan minimal 20 unit per desa/ kelurahan dan legalitas tanah calon penerima bantuan tidak dalam sengketa dan sesuai Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW). (arh)

Pages: 1 2

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.