Minggu, 27 September 20

Kementerian LHK Akan Selenggarakan Kemah Bakti di Enam Tempat

Kementerian LHK Akan Selenggarakan Kemah Bakti di Enam Tempat
* Sekjen KLHK Bambang Hendroyono saat berkunjung ke Kwarnas Gerakan Pramuka.

Jakarta, Obsessionnews.com – Jajaran Satuan Karya (Saka) Wanabakti dan Kalpataru yang dipimpin Bambang Hendroyono berkunjung ke Kantor Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka di Jalan Merdeka Timur, Jakarta Pusat, Kamis (26/7/2018). Mereka diterima Wakil Ketua Kwarnas Bidang Lingkungan Hidup dan Kesakaan Kak Abdul Shobur beserta para pimpinan Kwarnas yang lain.

Bambang yang juga menjabat sebagai Sekjen Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) mengatakan, kedatangannya ke Kwarnas dalam rangka melaporkan progres kegiatan Saka Wanabakti dan Kalpataru. Salah satunya yang paling dekat adalah Perkemahan Bakti Saka Kalpataru dan Wanabakti (Pertikawan) yang akan diselenggarakan di enam tempat.

“Kedatangan kami di sini ya untuk koordinasi sekaligus menyampaikan progres kegiatan Saka Kalpataru dan Wanabakti, di mana dalam waktu dekat kedua Saka Gerakan Pramuka ini di bawah Kementerian LHK akan mengadakan Pertikawan,” ujarnya di Kantor Kwarnas.

Sebagai bagian yang tak terpisahkan dari Gerakan Pramuka maka pihaknya perlu melakukan koordinasi dengan Kwarnas agar kegiatan ini bisa terlaksana dengan baik. Ia menyebut dari enam lokasi Pertikawan, yang paling dekat akan diadakan di Makkasar Sulawesi Selatan pada 1-5 Agustus 2018. Kemah ini adalah tingkat regional mencakup wilayah Sulawesi dan Maluku.

“Pertikawan adalah kemah tingkat regional yang mencakup enam lokasi kemah. Selain Sulawesi Malaku, ada regional Bali dan Nusa Tenggara, lalu regional Sumatera, Kalimatan, Jawa, dan juga Papua,” terangnya.

Pertikawan untuk regional Bali Nusa Tenggara akan diadakan di Bali pada 6-10 September 2018, regional Sumatera diadakan di Riau 24-28 September 2018, regional Kalimatan diadakan di Balikpapan 9-13 Oktober 2018, regional Jawa diadakan di Yogyakarta 16-20 Oktober 2018, dan regional Papua diadakan di Jayapura 4-8 November 2018.

“Kami berharap Kak Kwarnas Adhyaksa Dault bisa hadir dalam pembukaan Pertikawan di Makkasar awal Agustus mendatang. Karena kedatangan Kak Kwarnas pastinya bisa menambah semangat adik-adik Pramuka yang ikut kegiatan ini,” jelasnya.

Sementara itu Abdul Shobur mewakili Pimpinan Kwarnas menyatakan, pihaknya mendukung kegiatan Pertikawan agar berjalan sukses. Ia menyebut Saka Kalpataru dan Wanabakti di bawah KLHK salah satu Kesakaan Pramuka yang paling aktif mengadakan kegiatan. “Saya bersyukur Pinsakanya Kak Bambang Pramuka asli jadi kegiatannya terus jalan nggak pernah sepi. Insya Allah Kak Kwarnas akan hadir nanti kita sampaikan,” tuturnya.

Kepala Saka Kalpataru dan Wanabakti Bambang menargetkan, Pertikawan di masing-masing regional akan diikuti 3.500 peserta dari Pramuka Penegak dan Pandega. Karena itu kegiatan Pertikawan ini juga dibantu oleh Dewan Kerja, baik tingkat nasional, daerah, maupun cabang. (Albar)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.