Rabu, 1 Desember 21

Kementerian ATR Kembali Serahkan Ribuan Sertifikat Tanah di Sumbawa

Kementerian ATR Kembali Serahkan Ribuan Sertifikat Tanah di Sumbawa
* Wakil Menteri (Wamen) ATR/ Waka BPN, Surya Tjandra saat menjadi narasumber dalam suatu acara pertanahan (Foto : Humas ATR)

Sumbawa, Obsessionnews.com – Pemerintah terus mendorong percepatan sertifikasi tanah bagi rakyat. Hal ini dimaksudkan demi menyejahterakan masyarakat pemilik lahan. Belum lama ini, Kementerian Agraria dan Tata Ruang/ Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) kembali menyerahkan sertifikat tanah sebanyak 1.689 bidang di Desa Batudulang, Kabupaten Sumbawa, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB).

Penyerahan dilakukan langsung oleh Wakil Menteri (Wamen) ATR/ Waka BPN, Surya Tjandra. Dia mengatakan penyerahan sertipikat tanah ini penting untuk memberikan kepastian hukum atas tanah yang dimiliki oleh masyarakat.

“Momentum penyerahan kali ini adalah momentum menyadari betapa pentingnya sertipikat tanah itu sehingga kita jalankan prosedurnya dan memiliki kekuatan hukum, serta legitimasinya itu menjadi milik masyarakat,” katanya, Selasa (13/10/2020).

Lebih lanjut Surya Tjandra menuturkan bahwa hasil Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL), redistribusi tanah ini bentuk hadirnya pemerintah kepada rakyatnya.

“Setelah penyerahan sertipikat, tanah-tanah masyarakat kita berdayakan dan ini bentuk negara kerja. Negara hadir dan hari ini bukti pemerintah peduli terhadap ibu bapak dan terlebih di sini akan ada pembangunan besar seperti sirkuit Mandalika, Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR), Teluk Saleh dan itu mau dikuatkan potensi dan ekonominya,” tuturnya.

Gubernur NTB, Zulkieflimansyah mengatakan pemberian sertipikat ini adalah keinginan serius dari Presiden Joko Widodo agar pembangunan dapat dirasakan sampai ke seluruh pelosok Indonesia. “Yang dilakukan Pak Jokowi langsung ke akar masalah. Salah satu yang membuat negara berkembang itu miskin tidak mampu berkompetisi karena banyak tanah-tanah yang tidak digunakan untuk menghasilkan capital,” terangnya.

“Pembangunan itu sebagaimana kita ketahui tidak hanya sekedar dilihat dari indicated by numbers atau angka statistik tetapi harus dimaknai dengan sebuah proses besar dan panjang untuk meningkatkan kemampuan masyarakat,” tambah Gubernur NTB, Zulkieflimansyah.

Perlu diketahui dari 1.689 bidang yang diserahkan di Sumbawa, NTB terdapat rinciannya sebagai berikut, Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) 1.319 bidang, Redistribusi Tanah sebanyak 289 bidang, MoU dengan PLN 67 bidang, Aset Pemerintah Daerah (Pemda) sebanyak 10 (sepuluh) bidang, Kepolisian RI 1 (satu) bidang dan Balai Konservasi Sumber Daya Alam 1 (satu) bidang. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.