Kamis, 26 Mei 22

Kementerian ATR/BPN Raih Penghargaan Inovasi Pelayanan Digital Bidang Agraria, Tata Ruang dan Pertanahan

Kementerian ATR/BPN Raih Penghargaan Inovasi Pelayanan Digital Bidang Agraria, Tata Ruang dan Pertanahan
* Gatra Innovation Awards 2021. (Foto: Hms ATR/BPN)

Jakarta, Obsessionnews – Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) meraih penghargaan Inovasi Pelayanan Digital Bidang Agraria, Tata Ruang dan Pertanahan pada Gatra Innovation Awards 2021 yang berlangsung dalam pertemuan daring, Jumat (30/04/2021). Kementerian ATR/BPN meraih penghargaan karena inisiasinya dalam melakukan terobosan kebijakan dalam menerapkan layanan pertanahan digital berstandar dunia.

Dalam sambutannya, Sekretaris Jenderal Kementerian ATR/BPN, Himawan Arief Sugoto mengucapkan terima kasih atas apresiasi yang diberikan dalam Gatra Innovation Awards 2021 ini. Menurutnya, saat ini memang Kementerian ATR/BPN terus berinovasi dalam rangka melakukan transformasi digital untuk memodernisasi pelayanan pertanahan. “Kita tahu bahwa bidang tanah Indonesia sangat banyak, lebih dari 126 juta bidang tanah dan tak mungkin kita terus-terusan melayani secara konvensional, maka kita harus mulai melakukan migrasi sistem pelayanan yang berbasis digital,” tegasnya.

Kementerian ATR/BPN telah menerapkan 4 layanan pertanahan digital mulai dari Pengecekan Sertifikat, Hak Tanggungan Elektronik, Zona Nilai Tanah dan Surat Keterangan Pendaftaran Tanah. Menurut Sekjen Kementerian ATR/BPN, saat ini pihaknya tengah melakukan percepatan pengumpulan data. Nantinya, seluruh data bidang tanah akan terkumpul dalam pangkalan data dan menjadi big data pertanahan terbesar di Indonesia yang memudahkan Kementerian ATR/BPN dalam melayani masyarakat dengan baik, cepat, efisien, transparan dan aman.

Masih dalam sambutannya, Himawan Arief Sugoto mengatakan bahwa layanan digital pertanahan ini akan terus berjalan, mulai dari validasi data, alih data media konvensional ke digital, dan lain-lain. Ia juga berkata bahwa pihaknya sudah akan meluncurkan sertipikat tanah elektronik yang nantinya akan sangat aman, tidak ada dokumen yang dipalsukan karena seluruh data dan rekam jejak data masuk ke dalam pangkalan data. “Setiap ada transaksi akan ada notifikasi ke pemilik, tidak akan ada pemalsuan,” tambahnya.

Untuk implementasi sertipikat elektronik, Himawan Arief Sugoto menjelaskan bahwa Kementerian ATR/BPN akan menerapkan secara bertahap mulai tahun 2021 ini. Implementasi dimulai dari beberapa kantor pertanahan dengan pilot project instansi pemerintahan terlebih dahulu, sampai nantinya semua pihak akan beralih ke layanan sertipikat elektronik.

Pada kesempatan yang sama Himawan Arief Sugoto juga memberikan apresiasi kepada Gatra sebagai salah satu media massa yang aktif memberikan informasi kepada masyarakat. “Semoga Gatra terus menjadi media yang unggul dan memberikan pencerahan kepada masyarakat, tak lupa kami dari Kementerian ATR/BPN akan terus memperbaiki kinerja pelayanan kami kepada masyarakat,” tuturnya.

Direktur Utama Gatra Media Group, Hendri Firzani mengapresiasi 10 lembaga, kementerian, hingga badan usaha yang mendapat penghargaan di Gatra Innovation Awards 2021, salah satunya yakni Kementerian ATR/BPN. Menurut Hendri Firzani, inovasi senantiasa menjadi harapan untuk bertumbuh dan menyelesaikan persoalan. Di dunia yang sangat dinamis dan kompetitif ini, semua aspek harus terus mengembangkan cara baru, nilai baru dan tidak terjebak dalam rutinitas yang monoton. “Itulah kami mencatat inovasi dan terobosan yang dilakukan lembaga, kementerian dan badan agar inovasi ini tak hanya berdampak pada para pegiat namun juga mampu membangkitkan optimisme masyarakat untuk tetap produktif di saat pandemi,” ujarnya.

Masih dalam sambutannya, Hendri Firzani berkata bahwa catatan para inovator ini lah yang berusaha ia dan Gatra wujudkan dalam bentuk Gatra Innovation Awards 2021. “Kami berharap apresiasi ini tak hanya memotivasi Bapak Ibu sekalian, namun juga memberi inspirasi kepada insan bangsa lainnya untuk turut berinovasi dan berkontribusi demi bangsa dan negara,” tutupnya. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.