Minggu, 26 September 21

Kementerian ATR/BPN Peroleh BKN Awards Tahun 2021

Kementerian ATR/BPN Peroleh BKN Awards Tahun 2021
* Kementerian ATR/BPN peroleh BKN Awards tahun 2021, yakni Peringkat II untuk kategori Perencanaan Kebutuhan, Pelayanan Pengadaan, Kepangkatan dan Pensiun; Peringkat III untuk kategori Penilaian Kompetensi; serta Peringkat III untuk kategori Implementasi Penilaian Kinerja. (Hms ATR/BPN)

Jakarta, Obsessionnews.com – Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) memperoleh BKN Awards tahun 2021, yakni Peringkat II untuk kategori Perencanaan Kebutuhan, Pelayanan Pengadaan, Kepangkatan dan Pensiun; Peringkat III untuk kategori Penilaian Kompetensi; serta Peringkat III untuk kategori Implementasi Penilaian Kinerja. Keberhasilan ini merupakan salah satu bentuk perbaikan dalam sistem kepegawaian yang telah dilakukan guna menciptakan Aparatur Kementerian ATR/BPN yang Melayani, Profesional, Terpercaya.

Kepala Biro Organisasi dan Kepegawaian Kementerian ATR/BPN, Dalu Agung Darmawan mengatakan bahwa Kementerian ATR/BPN kini telah menerapkan transformasi manajemen ASN. Tujuan penerapan ini ditujukan guna menghasilkan aparatur Kementerian ATR/BPN yang profesional, memiliki dasar, etika profesi serta bebas intervensi politik.

“Kita lakukan mulai dari penerimaan CPNS, pelatihan dan pengembangan pegawai, serta untuk database kepegawaian kita juga mengaktivasi akun MySAPK,” kata Kepala Biro Organisasi dan Kepegawaian, Jumat (02/06/2021).

Dalu Agung Darmawan mengutarakan bahwa sejak tahun 2014 lalu, Kementerian ATR/BPN telah bekerja sama dengan Badan Kepegawaian Negara (BKN) dalam penerimaan CPNS. Ia juga menginformasikan bahwa kerja sama tersebut terus terjalin hingga tahun ini. Dalam penerimaan CPNS tahun 2021, terdapat 2.644 lowongan guna ditempatkan di Kementerian ATR/BPN maupun Kantor Wilayah (Kanwil) BPN Provinsi.

Sementara, untuk menciptakan etos kerja pegawai yang profesional, Biro Organisasi dan Kepegawaian bekerjasama dengan Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia (PPSDM) melakukan berbagai pendidikan dan pelatihan, baik secara tatap muka ataupun secara virtual.

Lebih lanjut, untuk pengisian jabatan, Kementerian ATR/BPN melakukan seleksi kompetensi. Untuk jabatan Pimpinan Tinggi, lelang jabatan terbuka sudah dimulai sejak tahun 2015, sedangkan seleksi jabatan Pejabat Administrator dan Pejabat Pelaksana sudah dimulai sejak tahun 2019.

Untuk pola jenjang karir pegawai, Kepala Biro Organisasi dan Kepegawaian mengatakan bahwa Kementerian ATR/BPN telah menerapkan merit system, yang pada tahun 2020, mendapat penghargaan dari BKN dengan predikat sangat baik.

Publik mungkin hanya tahu perbaikan yang dilakukan oleh Kementerian ATR/BPN di tingkat pelayanan publik di kantor-kantor pertanahan. Tetapi mungkin banyak yang belum tahu bahwa saat ini perbaikan mental pegawai Kementerian ATR/BPN, dalam kegiatan pelayanan maupun pelaksanaan tugas, pokok dan fungsi (tupoksi) sehari-hari dalam pelaksanaan pekerjaan, juga sedang berlangsung.

“Adanya nilai-nilai Kementerian ATR/BPN, yakni Melayani, Profesional, Terpercaya ditujukan untuk meningkatkan etika profesi yang akan meningkatkan kepercayaan masyarakat dan stakeholders yang kita layani,” kata Kepala Biro Organisasi dan Kepegawaian.

Penghargaan ini merupakan kerja keras setiap individu di Kementerian ATR/BPN, baik pejabat, pelaksana maupun PPNPN. Dalu Agung Darmawan berpesan bahwa penghargaan ini jangan membuat setiap unsur di Kementerian ATR/BPN berpuas diri. Baginya, adanya penghargaan ini memberikan tantangan untuk menjadi lebih baik lagi, terutama dalam pengelolaan manajemen kepegawaian di Kementerian ATR/BPN.

“Mempertahankan predikat jauh lebih sulit, sehingga kami berharap pada tahun-tahun akan datang, Kementerian kita dapat lebih konsisten dan meningkatkan implementasi dari butir-butir manajemen ASN sebagaimana diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 5 tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara,” ujar Kepala Biro Organisasi dan Kepegawaian. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.