Senin, 4 Juli 22

Kementerian ATR/BPN Dukung Pengembangan Karier dan Peningkatan Profesionalitas ASN

Kementerian ATR/BPN Dukung Pengembangan Karier dan Peningkatan Profesionalitas ASN
* Kementerian ATR/BPN dukung pengembangan karier dan kompetensi serta meningkatkan Indeks Profesionalitas Aparatur Sipil Negara (ASN). (Foto: Twitter.com)

Obsessionnews.com – Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Melalui Biro Organisasi dan Kepegawaian menyelenggarakan Pelaksanaan Rekonsiliasi Data melalui Pendataan Profil Pegawai Lengkap (P3L) pada Sistem Informasi Kepegawaian (SIMPEG) secara daring, Senin (23/05/2022). Kegiatan ini ditujukan sebagai pengembangan karier dan kompetensi serta meningkatkan Indeks Profesionalitas Aparatur Sipil Negara (ASN).

Kepala Biro Organisasi dan Kepegawaian Kementerian ATR/BPN, Deni Santo mengungkapkan, pelaksanaan rekonsiliasi data melalui P3L ini sebagai upaya mengelola data pegawai dengan baik. Selain itu juga sebagai penilaian indeks profesionalitas ASN.

“Indeks profesionalitas ASN itu ada 4 bagian, yang pertama dimensi kualifikasi, dalam SIMPEG itu data pendidikan, kualifikasi pendidikan. Lalu, Indeks kompetensi, dalam SIMPEG rekam jejak mulai dari data pelatihan, pelatihan teknis, dan pelatihan lainnya yang sejenis dan itu harus dinilai, minimum tiap tahun harus 20 jam pelajaran,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Deni Santo juga menjelaskan dua bagian lain dari indeks profesionalitas ASN, yaitu aspek kinerja dan disiplin. “Dimensi kinerja, dalam SIMPEG berdasarkan data rekaman kinerja SKP (Sasaran Kinerja Pegawai). Berikutnya dimensi disiplin, sekarang kita sedang merekam semua rekam jejak teman-teman baik yang sifatnya pengaduan, pemeriksaan, dan lain-lain kita akan rekap,” ujarnya.

Kepala Biro Organisasi dan Kepegawaian Kementerian ATR/BPN menjelaskan, jika data SIMPEG lengkap dan baik, ke depan dapat membangun manajemen talenta, membangun sistem merit yang baik, serta menilai pegawai sesuai dengan rekam jejak, profil, kompetensi, dan kinerjanya.

“Ini harus dilakukan semuanya, harus sadar bahwa data pegawai itu penting. Dan dengan data pegawai itu bahwa dirinya mempunyai kesempatan beberapa hal yang dapat kita gunakan untuk kepentingan dalam membangun pola karier. Dengan data yang lengkap kita berharap kesempatan berkarier lebih baik lagi,” jelasnya.

Kegiatan pelaksanaan P3L ini diikuti oleh 1.000 peserta yang berasal dari seluruh satuan kerja Kementerian ATR/BPN di tingkat pusat maupun daerah. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.