Senin, 18 Oktober 21

Kementerian ATR/BPN Bersama Komisi II DPR RI Sosialisasikan Program Strategis di Kabupaten Sidoarjo

Kementerian ATR/BPN Bersama Komisi II DPR RI Sosialisasikan Program Strategis di Kabupaten Sidoarjo
* Kementerian ATR/BPN Bersama Komisi II DPR RI Sosialisasikan Program Strategis di Kabupaten Sidoarjo. (Foto: Hms ATR/BPN)

Sidoarjo, Obsessionnews – Sosialisasi program strategis terus digencarkan Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) di seluruh Indonesia. Sosialisasi ini dilaksanakan dalam rangka membagi, mengedukasi masyarakat terkait program strategis Kementerian ATR/BPN yang salah satunya ialah Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL). Kali ini sosialisasi dilaksanakan bersama Anggota Komisi II DPR RI, Rahmat Muhajirin di Hotel Aston, Sidoarjo, Sabtu (26/06/2021).

Rahmat Muhajirin dalam sosialisasi ini menuturkan bahwa program PTSL yang dilaksanakan oleh Kementerian ATR/BPN perlu didukung dan disukseskan karena berdampak positif ke berbagai sektor. “PTSL ini merupakan program pemerintah yang harus dilaksanakan dan disukseskan karena di samping menjamin kepastian hukum hak atas tanah yang dimiliki, juga akan mendorong ekonomi kerakyatan guna membantu pemulihan ekonomi nasional,” tuturnya.

Lebih lanjut, Rahmat Muhajirin mengatakan kepada semua elemen masyarakat yang hadir pada sosialisasi ini untuk bersama-sama menyukseskan program PTSL terutama di Kabupaten Sidoarjo. “Untuk Sidoarjo membutuhkan peran semua elemen masyarakat untuk mensukseskan program PTSL ini, jadi saya harapkan yang hadir di sini tolong ditularkan kepada yang lain,” ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Bina Pengadaan dan Pencadangan Tanah Kementerian ATR/BPN, Nurhadi Putra mengatakan sertipikat hak atas tanah dapat digunakan sebagai modal usaha tentunya dengan perhitungan yang sangat matang.

“Selain mendapatkan kepastian secara hukum juga bermanfaat untuk kegiatan-kegiatan lain seperti diagunkan untuk modal usaha sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” imbuhnya.

Nurhadi Putra menambahkan jika PTSL dapat meminimalisir praktik mafia tanah karena mafia tanah akan masuk kepada tanah-tanah yang belum bersertifikat. Selain itu dengan pendaftaran tanah ini akan meningkatkan kualitas data pertanahan yang sangat bermanfaat untuk perencanaan pembangunan. Untuk itu Nurhadi Putra mengajak kepada masyarakat yang hadir untuk mengikuti program PTSL ini.

Kepala Kantor Wilayah BPN Provinsi Jawa Timur, Jonahar mengatakan bahwa pentingnya kegiatan sosialisasi ini dilaksanakan karena dengan ini dapat mengedukasi masyarakat terutama betapa pentingnya tanah itu disertifikatkan.

“Melalui sertifikat tanah, apabila ada yang mau menyertipikatkan di tanah Ibu/Bapak sudah tidak akan bisa, lalu jika ada pembebasan tanah oleh pemerintah seperti jalan tol dan lain-lain itu sudah ada di dalam ploting namanya. Nah kalau ada masyarakat yang belum disertipikatkan tanahnya beri tahu karena keuntungannya banyak sekali,” terangnya.

Pada kegiatan sosialisasi ini juga dilaksanakan penyerahan sertifikat kepada 10 orang dan diserahkan langsung oleh Anggota DPR RI, Rahmat Muhajirin dengan didampingi oleh, Direktur Bina Pengadaan dan Pencadangan Tanah Kementerian ATR/BPN, Nurhadi Putra; Kepala Biro Keuangan dan BMN, Agust Yulian; Kepala Kantor Wilayah BPN Provinsi Jawa Timur, Jonahar; serta Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Sidoarjo, Humaidi. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.