Sabtu, 1 Oktober 22

Kementerian ATR Bagikan Sertifikat Tanah di Malang

Kementerian ATR Bagikan Sertifikat Tanah di Malang
* Pembagian sertifikat tanah di Malang oleh Kementerian ATR/BPN (foto : Humas ATR)

Jakarta,Obsessionnews.com  –Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) kembali menyerahkan sertifikat tanah kepada masyarakat yang berhak. Kali ini penyerahan sertifikat dilakukan di Taman Garuda, Kampung Glintung, Kota Malang. Sertifikat tersebut diserahkanterimakan kepada pemilik tanah oleh Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang/Wakil Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Surya Tjandra.

Dikatakan Surya bahwa sertifikat tanah yang diterbitkan oleh pemerintah tersebut merupakan hasil dari Reforma Agraria di Malang Raya. Reforma Agraria merupakan bagian dari visi Presiden, untuk memeratakan kesejahteraan masyarakat, terdiri dari Aset Reform dan Akses Reform.

Kementerian ATR/BPN mempunyai tugas utama melakukan aset reform, melalui legalisasi aset serta redistribusi tanah. 15 sertifikat secara simbolis diserahkan merupakan bagian dari PTSL Kantor Pertanahan (Kantah) Kota Malang 200 bidang, PTSL Kantah Kota Batu 2.255 bidang dan Redistribusi Tanah Kantah Kabupaten Malang 1.500 bidang. Dia berpesan agar sertifikat tersebut dijaga baik-baik.

“Selamat buat yang tadi dapat sertipikat. Mohon dijaga, tidak gampang orang BPN itu tanda tangan sertipikat, kalau tidak clean and clear tidak ditanda tangan. Jadi betul-betul tolong dihargai, dihormati dan mudah-mudahan didoakan supaya teman-teman kita ini sehat selamat,” ujar Surya dalam keterangannya beberapa waktu lalu.

Wali Kota Malang, Sutiaji dalam sambutannya mengapresiasi upaya pemerintah yang telah bekerja keras mendukung program reforma agraria sehingga para tuan tanah dapat dengan mudah mendapatkan sertifikat yang menjadi haknya. Sertifikat diperlukan dan menjadi dokumen penting agar nantinya tidak menimbulkan konflik sosial atau masalah hukum.

“Saya atas nama Pemerintah Kota Malang, Pemerintah Kabupaten Malang, atas nama Pemerintah Kota Batu, kami ucapkan selamat datang dan terima kasih. Tentu apa yang telah dilakukan yang diberikan dan juga inisiasi Kementerian, berarti aspirasi dari masyarakat agar tanahnya disertipikat, ditangkap oleh BPN Provinsi kota Kabupaten, Alhamdulillah,” ucap Sutiaji.

Mustofa, warga Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Malang salah satu penerima sertipikat mengungkapkan bahwa dengan program reforma agraria ini tanah turun-temurun keluarganya bisa disertipikatkan.

“Akhirnya tanah kami ada suratnya, semoga tahun depan program ini ada lagi,” ujarnya. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.