Senin, 26 Oktober 20

Kemenperin Fasilitasi IKM Pangan Tembus Pasar Ekspor

Kemenperin Fasilitasi IKM Pangan Tembus Pasar Ekspor
* Direktur Jenderal Industri Kecil, Menengah dan Aneka (IKMA) Kementerian Perindustrian (Kemenperin) Gati Wibawaningsih. (Foto: Kemenperin)

Jakarta, Obsessionnews.com – Kementerian Perindustrian (Kemenperin) terus meningkatkan kemampuan pelaku industri kecil menengah (IKM) dalam upaya memasarkan produk-produknya, terutama agar bisa menembus pasar ekspor. Untuk itu pelaku IKM perlu memenuhi kriteria kebutuhan pasar dan kualitas yang menjadi persyaratan serta diinginkan oleh konsumen.

 

Baca juga:

Ini Langkah Strategis Kemenperin di Tengah Pandemi Covid-19

Kemenperin Tekankan Pentingnya Perlindungan Kekayaan Intelektual Bagi IKM

Tarik Investor Potensial, Kemenperin Fokus Siapkan Kawasan Industri Terpadu

 

Direktur Jenderal Industri Kecil, Menengah dan Aneka (IKMA) Kemenperin Gati Wibawaningsih mengatakan,  salah satu sektor yang didorong adalah IKM pangan karena berorientasi ekspor. Apalagi IKM pangan cukup mendominasi sektor usaha di Indonesia.

“Dari total 4,5 juta pelaku IKM, sebanyak 1,6 juta adalah IKM makanan,” ujar Gati di Jakarta dalam keterangan tertulis, Senin (20/7/2020).

Dia menjelaskan, pihaknya telah melakukan program peningkatan keamanan mutu pangan melalui Program Pendampingan, Bimbingan dan Sertifikasi Hazard Analitical Critical Control Point (HACCP) bagi IKM makanan.

“Dengan memiliki sertifikat HACCP, para pelaku IKM pangan akan lebih percaya diri untuk memenuhi kriteria pasar ekspor,” ungkapnya.

Sehubungan dengan hal tersebut Direktorat Jenderal IKMA juga menyelenggarakan Kegiatan Fasilitasi Pendalaman HACCP bagi IKM makanan berorientasi ekspor. Kegiatan ini merupakan kegiatan yang berkesinambungan dengan maksud dan tujuan untuk memperkuat produk IKM khususnya makanan agar mampu bersaing secara global dengan adanya jaminan keamanan dan mutu pangan.

Halaman selanjutnya

Pages: 1 2 3

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.