Minggu, 18 April 21

Kemenperin Dorong Peningkatan Kolaborasi IKM dan Startup Teknologi

Kemenperin Dorong Peningkatan Kolaborasi IKM dan Startup Teknologi
* Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita saat membuka pra-konferensi INDONESIA PARTNER COUNTRY HANNOVER MESSE 2021: TECH STARTUP FOR MAKING INDONESIA 4.0 di Jakarta, Rabu (7/4/2021). (Foto: Kemenperin)

 

Sementara itu, PT. MSMB yang bergerak di bidang teknologi pertanian berusaha menggabungkan kearifan lokal dengan teknologi, yaitu antara teknologi pertanian dan agrobisnis. Co-Founder PT. MSMB, Bayu Dwi Apri Nugroho mengatakan, MSMB mengembangkan machine learning untuk menerjemahkan data kondisi lahan secara realtime yang terhubung dengan aplikasi yang bisa diunduh melalui perangkat smartphone.

 

“Di beberapa lokasi, teknologi ini mendatangkan banyak manfaat seperti peningkatan produktivitas hasil tani, misalnya semula 8 ton per hektar menjadi 12 ton per hektar. IKM juga dapat melakukan dan efisiensi biaya produksi untuk pemupukan karena menyajikan data yang presisi terkait kebutuhan tiap tanaman,” tambah Bayu.

 

Indarto Neura selaku CEO PT. Neurabot menjelaskan bahwa teknologi industri 4.0 juga telah diimplementasikan di bidang kesehatan. Teknologi laboratorium digital merupakan solusi untuk bisa melakukan skrining penyakit dengan cepat dan efisien. “Neurabot menjadi salah satu konsorsium untuk penanganan Covid-19 dengan menggunakan data ct-scan untuk mendeteksi adanya virus sebagai screening awal,” kata Indarto.

 

Kemudian, Huda Nurul Laily selaku Vice President Marketing dan Sales PT. Dua Empat Tujuh (Solusi 247) menyampaikan, perusahaan tersebut berupaya membangun talent bangsa dengan cara memperkenalkan teknologi pengolahan data ke perguruan tinggi di Indonesia. “Data merupakan hal yang sangat berharga saat ini. Antara lain menjadi dasar pengambilan keputusan perusahaan. Harapannya, supaya lebih banyak talent yang memiliki kompetensi dalam mengolah big data,” jelas Nurul. (kemenperin/red)

Pages: 1 2 3 4 5

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.