Jumat, 29 Maret 24

Breaking News
  • No items

Kemenparekraf Tingkatkan Kompetensi SDM untuk Room Attendant dalam Kenormalan Baru Pariwisata

Kemenparekraf Tingkatkan Kompetensi SDM untuk Room Attendant dalam Kenormalan Baru Pariwisata
* Kemenparekraf melakukan pelatihan daring bagi tenaga kerja pada bidang room attendant. (Foto: Dok Kemenparekraf)

Jakarta, Obsessionnews.comKementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) kembali melakukan pelatihan bagi pekerja pariwisata dan ekonomi kreatif untuk meningkatkan kompetensi (upskilling dan reskilling) sebagai antisipasi bagi para pekerja untuk kembali pada pekerjaan di bidangnya setelah pandemi Covid-19 berakhir.

Kali ini Kemenparekraf melakukan pelatihan daring bagi tenaga kerja pada bidang room attendant yang resmi dibuka pada Selasa (26/5/2020). Diikuti 75 peserta, pelatihan akan terbagi dalam delapan kali pertemuan yang akan berlangsung beberapa pekan ke depan.

Plt. Deputi Bidang Sumber Daya dan Kelembagaan Kemenparekraf Frans Teguh, saat membuka pelatihan daring room attendant mengatakan, pemerintah terus mendorong para pekerja untuk tetap menjaga keahlian dan keterampilannya sehingga mereka tidak canggung dalam memasuki dunia kerja kembali dalam suasana kenormalan baru (new normal).

“Salah satunya melalui kegiatan pelatihan ini, yang juga bertujuan mempersiapkan mereka untuk memberikan pelayanan dengan senyuman yang tulus dan ikhlas kepada jutaan turis yang akan datang setelah masa sulit ini berakhir sesuai perkiraan Presiden Joko Widodo yang memperkirakan pariwisata akan booming pada 2021,” kata Frans.

Keberadaan SDM khususnya  room attendant dengan kompetensi dan kemampuan yang baik dinilai akan sangat berpengaruh dalam industri pariwisata. Dimana room attendant yang berada di bawah departemen housekeeping menjadi bagian penting dalam industri hotel, salah satu unsur terpenting dalam pariwisata.

Tugas room attendant di antaranya adalah menjaga kebersihan area kamar hotel,  menangani lost and found, serta menangani laundry and dry cleaning. Sebagai departemen yang paling banyak mempekerjakan tenaga di hotel, room attendant memegang peranan penting dalam kepuasan tamu, karena menangani langsung kamar hotel.

“Apalagi di masa kenormalan baru mendatang yang mengedepankan unsur kebersihan, kesehatan, dan keamanan, room attendant harus mampu memberikan jaminan bukan hanya kebersihan tapi juga kesehatan seperti bebas dari segala virus,” kata Frans. (Poy)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.