Selasa, 29 November 22

Kemenparekraf Sabet Empat Penghargaan di Ajang BKN Award 2022

Kemenparekraf Sabet Empat Penghargaan di Ajang BKN Award 2022
* Sekretaris Kemenparekraf/Sekretaris Utama Baparekraf, Ni Wayan Giri Adnyani. (Foto: Kemenparekraf)

Obsessionnews.com – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) kembali menoreh prestasi dengan meraih sejumlah penghargaan bergengsi dalam ajang Badan Kepegawaian Negara (BKN) Award 2022.

Dari lima kategori yang dipertandingkan, Kemenparekraf menyabet empat penghargaan yakni kategori Implementasi Manajemen ASN Terbaik dengan nilai A, kategori Perencanaan Kebutuhan dan Mutasi Kepegawaian peringkat 2, kategori Penilaian Kompetensi peringkat 3, dan kategori Implementasi Penerapan Manajemen Kinerja peringkat 5.

Sekretaris Kemenparekraf/Sekretaris Utama Baparekraf Ni Wayan Giri Adnyani mengatakan, pencapaian ini merupakan sebuah bentuk komitmen Kemenparekraf untuk terus meningkatkan prestasi khususnya dalam memberikan pelayanan yang optimal baik bagi para pemangku kepentingan maupun di lingkup internal Kemenparekraf sendiri.

Baca juga: Kemenparekraf-BSSN Kerja Sama Bentuk Parekraf-CSIRT Tingkatkan Keamanan Digital

Pencapaian ini tercatat melampaui perolehan penghargaan tahun sebelumnya yang berhasil mendapatkan penghargaan untuk satu kategori.

“Penghargaan ini menjadi sebuah sinyal dari kami, yang menunjukkan semangat kami untuk terus memperbaiki diri, meningkatkan kinerja, pelayanan, dan tentunya prestasi. Pada tahun lalu untuk pertama kalinya kami meraih penghargaan dalam satu kategori namun tahun ini bertambah menjadi empat kategori. Kami berharap agar keberhasilan di ajang ini dapat menjadi tradisi, dari tahun ke tahun dipertahankan bahkan ditingkatkan,” kata Ni Wayan.

Kepala Biro Sumber Daya Manusia dan Organisasi Kemenparekraf Cecep Rukendi menambahkan, bisa memborong empat kategori dalam BKN Award 2022 untuk pertama kalinya dalam sejarah Kemenparekraf merupakan capaian yang luar biasa yang diraih Kemenparekraf dalam Manajemen Sumber Daya Manusia Aparatur Sipil Negara (SDM ASN).

“Pada tahun sebelumnya, kami hanya meraih penghargaan pada satu kategori saja, tapi tahun ini Kemenparekraf seolah ‘mengamuk’ memperbaiki banyak pilar manajemen SDM dari perencanaan hingga pengawasan sehingga mampu menyabet juara pada empat kategori dari lima kategori BKN Award yang ada,” kata Cecep.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menyampaikan apresiasi atas capaian yang akan memperkuat kapasitas sumber daya manusia di lingkup Kemenparekraf/Baparekraf dalam pengembangan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Yakni sektor parekraf sebagai pendorong kebangkitan ekonomi dengan semakin terbukanya lapangan kerja.

Baca juga: Kemenparekraf Luncurkan Kampanye Sadar Wisata dan Pengembangan Pemasaran Online di 6 Destinasi Prioritas

“Kami bersyukur bahwa kerja keras kita semua selama ini dalam menghadirkan pemerintahan yang lebih dinamis dan profesional, yang dimulai dari internal organisasi Kemenparekraf, sedikit demi sedikit membuahkan hasil,” kata Menparekraf.

“Saya berharap agar pencapaian ini tidak membuat kita semua cepat berpuas diri, terus berikan pelayanan yang prima, berkomitmen pada mutu, serta menghasilkan kepuasan bagi para stakeholder baik internal maupun eksternal. Dan tentunya capaian ini harus terus ditingkatkan pada tahun-tahun berikutnya,” kata Sandiaga.

BKN Award digulirkan sebagai bentuk apresiasi kepada instansi kementerian/lembaga/pemerintah daerah yang dinilai sukses dan terbaik dalam pengelolaan kepegawaian Aparatur Sipil Negara (ASN), berdasarkan penilaian indeks implementasi norma, standar, prosedur, dan kriteria (NSPK).

Adapun BKN Award tahun ini jumlah kategori masih sama yaitu 5 buah kategori sebagaimana tahun sebelumnya meliputi:

  1. Kategori Perencanaan Kebutuhan dan Mutasi Kepegawaian
  2. Kategori Penilaian Kompetensi
  3. Kategori Implementasi Penerapan Manajemen Kinerja
  4. Kategori Penerapan Pemanfaatan Data – Sistem Informasi dan CAT
  5. Kategori Implementasi Manajemen ASN Terbaik

Kemudian ada juga kategori rintisan yang disertakan yaitu:

  1. Special Mention – Kategori Pilot Project SIASN
  2. Special Mention – Kategori Komitmen Peningkatan Pelayanan Kepegawaian ASN. (Poy)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.