Rabu, 1 Mei 24

Kemenparekraf Gandeng Agoda Perkuat Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

Kemenparekraf Gandeng Agoda Perkuat Pariwisata dan Ekonomi Kreatif
* Menparekraf Sandiaga Uno bertemu dengan Agoda dalam upaya pengembangan pariwisata dan ekonomi kreatif tanah air, Bali, Rabu (26/7/2023). (Foto: Pegadaian)

Obsessionnews.com – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno memperkuat kerja sama dengan Agoda dalam upaya pengembangan pariwisata dan ekonomi kreatif tanah air.

Hal itu disampaikan oleh Sandiaga dalam keterangan tertulisnya, Kamis (27/7/2023).

“Kami bertemu dengan Agoda.com untuk beberapa inisiatif,” kata Sandiaga.

Baca juga: Kemenparekraf Gelar Uji Petik PMK3I Identifikasi Potensi Ekraf di Makassar

Dia menjelaskan, pertama terkait penguatan data dari Agoda.com yang akan digunakan sebagai salah satu dasar pertimbangan dalam menghadirkan program atau kebijakan yang tepat sasaran, tepat manfaat, dan tepat waktu.

“Penguatan data yang selama ini sudah terjalin dapat ditingkatkan kolaborasinya. Sehingga beberapa pasar yang sangat potensial seperti India bisa ditarget dengan kebijakan-kebijakan yang pas sesuai dengan teknologi terkini,” ujar Sandiaga.

Pembahasan selanjutnya adalah dari aspek pemasaran. Jika selama ini kerja sama masih dalam tahapan branding, ke depan akan ditingkatkan dengan program destination branding.

“Ke depan akan ditingkatkan dengan destination branding dalam program-program kampanye Bangga Berwisata di IndonesiaAja,” kata Sandiaga.

Dalam kerja sama itu juga disepakati untuk penguatan kerja sama dalam peningkatan human capacity atau peningkatan dari pemberdayaan sumber daya manusia. Nantinya Kemenparekraf bersama Agoda.com akan menghadirkan pelatihan bersama.

“Untuk upskilling juga akan diupayakan bekerja sama dengan industri terutama yang berbasis teknologi,” ujar Sandiaga.

Baca juga: Kemenparekraf Promosikan Kuliner Indonesia di Pasar Internasional Lewat Indonesia Spice Up The World

Kerja sama ini diharapkan dapat mendukung capaian target kinerja pariwisata dan ekonomi kreatif di tahun 2023 yang meningkat dua kali lipat dibanding tahun lalu. Yakni jumlah wisatawan mancanegara ditargetkan mencapai angka 7,4 juta dan pergerakan wisatawan nusantara sebesar 1,4 miliar. Target nilai devisa pariwisata tahun 2023 sebesar 2,07 miliar dolar AS pada batas bawah dan 5,95 miliar dolar AS pada batas atas.

Nilai kontribusi PDB pariwisata sebesar 4,1 persen, serta ekspor produk ekonomi kreatif diperkirakan menembus 26,46 miliar dolar AS atau Rp397,98 triliun. Untuk nilai tambah ekonomi kreatif ditargetkan mencapai Rp1.297 triliun.

Target kinerja yang meningkat dua kali lipat itu diharapkan memberikan dampak yang besar kepada masyarakat dengan keberadaan lapangan kerja sebesar 22,4 juta di sektor pariwisata dan 22,29 juta di sektor ekonomi kreatif.

“Agoda ini adalah salah satu perusahaan teknologi terbesar di dunia di bidang pariwisata, oleh karena itu kita sangat optimistis kerja sama ini akan membuahkan hasil untuk menciptakan peluang dan usaha dan lapangan kerja,” ujar Sandiaga. (Poy)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.