Selasa, 24 November 20

Kemenparekraf Ajak Pelaku Musik Bangkitkan Parekraf

Kemenparekraf Ajak Pelaku Musik Bangkitkan Parekraf
* Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Wishnutama Kusubandio. (Foto: Kemenparekraf)

Jakarta, Obsessionnews.com – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Wishnutama Kusubandio, mengajak para pelaku ekonomi kreatif terutama yang bergerak di sektor seni pertunjukan musik untuk mempererat sinergi dengan pelaku wisata untuk membangkitkan kembali sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di Tanah Air yang terdampak pandemi Covid-19.

Wishnutama mengatakan Indonesia telah beberapa kali menjadi tuan rumah acara-acara festival musik dan pertunjukan bertaraf internasional seperti Java Jazz Festival, Hammersonic Festival, Asian Games dan Asian Para Games 2018, serta Pertemuan Tahunan Dana Moneter Internasional (IMF) 2018.

“Dengan pengalaman dalam acara-acara bertaraf internasional ini, saya yakin Indonesia memiliki kemampuan dan bisa menyelenggarakan berbagai acara bertaraf global,” kata Wishnutama dalam keterangan tertulisnya, Kamis (19/11/2020).

Meski demikian, Wishnutama mengakui pandemi Covid-19 yang dialami oleh Indonesia dan seluruh negara di dunia memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap industri kreatif dan sektor pariwisata di Tanah Air. Sehingga, perlu ada sinergi yang kuat antara pelaku kreatif yang bergerak di sektor seni pertunjukan dan pelaku wisata dalam mengemas sebuah acara yang menarik untuk menggerakkan kembali kedua sektor yang saling berkaitan ini.

“Salah satu upaya yang bisa kita lihat di masa adaptasi kebiasaan baru ini adalah banyak penyelenggara pertunjukan yang membuat acara-acara pertunjukan secara daring. Sehingga, penonton dapat menikmati pertunjukan atau konser tersebut dari mana saja tanpa harus berkumpul di suatu tempat,” katanya.

Sinergi tersebut sudah terlihat dalam pelaksanaan beberapa festival musik di Indonesia. Salah satunya dalam gelaran Prambanan Jazz Virtual Festival 2020 yang dilaksanakan secara daring dari Candi Prambanan. “Sinergitas ini juga mendapat dukungan penuh dari Kemenparekraf dan acara ini mendapat respons yang sangat positif dari berbagai kalangan,” ucap Wishnutama.

Pihaknya juga telah melakukan berbagai program dan kebijakan untuk terus menjaga keberlangsungan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Seperti program #BeliKreatifLokal dan #BanggaBuatanIndonesia.

“Kedua program ini adalah gerakan nasional yang bertujuan untuk membangkitkan rasa bangga dan kecintaan masyarakat Indonesia terhadap produk buatan dalam negeri. Terutama produk-produk yang diproduksi oleh pelaku usaha kecil dan menengah,” jelas Wishnutama. (Poy)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.