Jumat, 29 Mei 20

Kemenkumham Perlu Kaji Urgensi Lapas Khusus Teroris

Kemenkumham Perlu Kaji Urgensi Lapas Khusus Teroris
* Ketua DPR Bambang Soesatyo.

Jakarta, Obsessionnews.com – Ketua DPR Bambang Soesatyo meminta Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) mengkaji lagi studi kelayakan mengenai urgensi lapas/rutan khusus teroris. Rencana ini menyusul insiden penyerangan terorisme di Mako Brimob Kepala Dua Depok.

“Mengingat saat ini yang lebih diperlukan adalah inovasi dalam penanganan terhadap terpidana teroris agar dapat diarahkan kepada perbuatan dan kegiatan yang positif,” ujarnya dalam rapat bersama Tim Perumus Revusi UU Antiterorisme di DPR, Rabu (23/5/2018).

Selain itu, Bamsoet juga mendorong Kemenkumham menggencarkan program pembinaan terhadap narapidana seiring dengan perkembangan zaman. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya bentrok antar penghuni lapas dengan aparat.

“Agar Kemenkumham meningkatkan program-program pembinaan terhadap narapidana serta menyesuaikan dengan perkembangan informasi dan teknologi yang sudah berkembang cukup pesat saat ini,” cetusnya.

Menurutnya, ide Kapolri Jenderal Tito Karnavian tentang pembangunan lapas dan rutan berkeamanan maksimal khusus bagi pelaku terorisme memang baik. Namun Mantan ketua Komisi III DPR itu mengharapkan Polri segera membicarakannya dengan Kementerian Hukum dan HAM.

Bambang menuturkan, ada hal penting soal pembangunan lapas berkeamanan maksimum bagi teroris. Antara lain kesiapan anggaran, sarana dan prasarana, dan kecukupan kualitas sumber daya manusia. Karenanya perlu dikaji ulang. (Albar)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.