Jumat, 30 Oktober 20

Kemenkop Siap Modernisasi KSP/KSU

Kemenkop Siap Modernisasi KSP/KSU
* Asdep Permodalan pada Deputi Bidang Pembiayaan Kemenkop dan UKM Luhur Pradjarto (kiri depan) saat memberikan paparan dalam acara Forum Koordinasi Keuangan Berkelanjutan (FKKB) di Kantor OJK, Jakarta.

Jakarta, Obsessionnews.com – Kementerian Koperasi dan UKM siap berkoordinasi dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk membenahi Koperasi Simpan Pinjam/Koperasi Serba Usaha (KSP/KSU agar bisa memenuhi kriteria masuk dalam sistem Keuangan Berkelanjutan.

“Kita siap melakukan modernisasi KSP/KSU agar bisa bersaing di sektor pembiayaan ini, mengingat kemajuan IT demikian pesat,” kata Luhur Pradjarto, Asisten Deputi Permodalan pada Deputi Bidang Pembiayaan Kemenkop dan UKM, di Jakarta Rabu (22/11/2017).

Luhur mengatakan, memang harus ada aturan yang tegas terkait kontribusi dari KSP/KSU terhadap koordinasi keuangan berkelanjutan. Disatu sisi dari aspek keuangannya yaitu KSP sebagai lembaga pembiayaan. Disisi lain ada sisi produksi, yang direpresentasikan dengan keberadaan KSU.

“Kan banyak KSP yang merupakan unit dari KSU, ini bisa menimbulkan salah penanganan kalau tidak diurai dengan cermat,” katanya.

Luhur menambahkan bahwa, sebagian dari KSP/KSU sebenarnya sudah mulai akrab dengan Teknologi Informasi, guna mengantisipasi perkembangan ke depan. Misalnya sekarang sudah harus ada koperasi yang melakukan Rapat Anggota Tahunan (RAT) secara online.

Disisi lain, Kemenkop dan UKM pun terus meningkatkan pengawasan terhadap koperasi. Tujuannya agar KSP tidak disalahgunakan oleh oknum misalnya sebagai tempat pencucian uang.

“Di Kemenkop dan UKM sendiri sudah ada Deputi Bidang Pengawasan yang terus mengawasi operasi koperasi,” ujar Luhur. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.