Jumat, 10 Juli 20

Kemenkop : Pemenang Pilkada Prioritaskan Program Pro UMKM

Kemenkop : Pemenang Pilkada Prioritaskan Program Pro UMKM
* Sekretaris Kemenkop dan UKM, Meliadi Sembiring di acara peringatan Hari UMKM Internasional di Jakarta, Rabu (27/6/2018).

Jakarta, Obsessionnews.com – Kementerian Koperasi  (Kemenkop) dan UKM mendorong para kepala daerah terpilih pada pilkada serentak 2018 untuk berkomitmen memajukan sektor UMKM di daerahnya, sebagaimana janjinya pada saat kampanye berlangsung. Pengembangan UMKM dinilai sangat penting karena menjadi tolak ukur keberhasilan pertumbuhan ekonomi di daerah.

“Kalau sudah menang pilkada maka harus memperhatikan UMKM. Jangan hanya isu UMKM menjadi isu politik untuk dijual pada saat kampanye saja, tapi setelah itu malah lupa,” kata Sekretaris Kemenkop dan UKM Meliadi Sembiring di sela acara peringatan Hari UMKM Internasional di Jakarta, Rabu (27/6/2018).

Menurut Meliadi, jumlah UMKM di tanah air cukup potensial, yakni sebanyak 62 juta. Apabila diperdayakan secara optimal, maka bisa mengurangi tingkat kesenjangan masyarakat. Di sisi lain pertumbuhan ekonomi yang mampu mencapai angkat 5,2 persen pada tahun 2018 ini, masih menyisahkan angka kesenjangan yang tinggi.

“Pertumbuhan ekonomi memang besar, tapi kalau kesenjangan masih jauh, itu yang menjadi persoalan. Jadi pesan saya siapa pun pemenangnya jangan lupa UMKM. UMKM harus benar-benar menjadi alat pelaksana program pengembangan di masing-masing daerah,” tandasnya.

Ditambahkan Meliadi, bentuk keberpihakan nyata dari kepala daerah terpilih nanti yakni dengan membuat regulasi yang pro terhadap kemajuan UMKM, serta menyiapkan alokasi anggaran yang memadai untuk mendukung program pengembangan UMKM di daerahnya. 

27 Juni diperingati sebagai Hari UMKM Internasional oleh PBB dan untuk pertama kalinya Indonesia ikut serta dalam peringatan tersebut. Di Indonesia peringatan diadakan secara serentak di sejumlah kota, yakni Jakarta, Yogyakarta, Manado, Banda Aceh, Bandung dan Kota Makassar. 

Peringatan Hari UMKM Internasional di Jakarta dipusatkan di Kolega X MarkPlus Coworking Space dengan dihadiri oleh Sekretaris Kemenkop dan UKM Meliadi Sembiring, President of ICSB Indonesia Hermawan Kartajaya, Samsul Hadi salah satu Direktur UCSB Indonesia, Duta Koperasi Dewi Motik Pramono, serta sejumlah pegiat maupun komunitas UMKM.

“Mulai tahun depan, dengan dukungan Kementerian Koperasi dan UKM dan pengurus ICSB di 34 provinsi, diharapkan Hari UMKM Internasional ini akan diperingati secara luas di seluruh nusantara,” kata Hermawan.

Peringatan Hari UMKM Internasional ini tidak terlepas dari peran Menteri Koperasi dan UKM RI AAGN Puspayoga yang saat itu mewakili Indonesia dalam menginisiasi peringatan tersebut saat pertemuan bersama enam menteri dari negara lain di markas PBB di New York pada tanggal 16 Juni 2016.

Setahun kemudian, sidang umum PBB menetapkan 27 juni sebagai United Nations Micro and Small Medium Enterprise (UN-MSME) day. Perayaan pertama Hari UMKM Internasional digelar pada 27 juni – 1 Juli 2017 di international council for small business (ICSB) world conference ke-62 di Buenoss Aires, Argentina. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.