Rabu, 28 Oktober 20

Kemenkop Gandeng Dekranas Kembangkan UMKM di Kaltara

Kemenkop Gandeng Dekranas Kembangkan UMKM di Kaltara
* Ketua Bidang Manajemen Usaha Dekranas, Bintang Puspayoga (kedua dari kanan).

Tarakan, Obsessionnews.com – Kementerian Koperasi dan UKM, Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) dan Dekranasda Kalimantan Utara bersinergi membangun perekonomian daerah khususnya sektor UMKM dan perajin. Sinergitas itu berbentuk berbagai pelatihan yang diharapkan mampu meningkatkan profesionalisme dan menciptakan wirausaha baru.

“Potensi perekonomian di Kaltara khususnya sektor UMKM sangat luar biasa, kalau potensi ini bisa dikembangkan, saya optimis produk UMKM dan perajin Kaltara bisa bersaing dengan daerah lain, bahkan bisa menembus pasar global,” ujar Ketua Bidang Manajemen Usaha Dekranas, Bintang Puspayoga, di Tarakan, Kaltara, Kamis (18/5/2017).

Materi pelatihan diantaranya, pengembangan jaringan Pemasaran produk perajin,  kiat Peningkata Ketrampilan teknis (perkoperasian, kewirausahaan), bimtek peingkatan akses modal, penataan manajemen KSP, dan kegiatan magang bagi pemuda.

Bintang Puapayoga mengatakan, provinsi Kaltara merupakan satu dari enam provinsi yang terpilih menjadi percontohan sinergitas Kemenkop dan UKM bersama Dekranas. Selain karena potensi alam dan UMKM-nya, tetapi perajin di sana juga sangat luar biasa berkembang.

“Dukungan dari pemda setempat khususnya Dekranasda akan ikut menunjang keberhasilan sinergitas ini,” katanya.

Ketua Umum Dekranas, Mufidah Jusuf Kalla, dalam sambutannya yang dibacakan Kabid Manajemen Usaha Bintang Puspayoga, mengatakan dalam kondisi perekonomian global yang sangat kompetitif saat ini, diperlukan upaya nyata membuat UMKM dan perajin menjadi lebih giat lagi.

“Salah satu upaya yang  dapat dilakukan adalah menata kembali manajemen usaha UMKM maupun perajin ntuk mengembangkan produk produk kriya yang berdaya saing sehingga laku di pasar,” katanya.

Menyadari bahwa perajin yang umumnya UMKM memiliki keterbatasan dalam berbagai aspek, maka diperlukan sinergi berbagai pihak dalam membina dan mengembangkan UMKM perajin, baik dalam hal pemasaran, manajemen, permodalan, peningkatan mutu produk sampai pemanfaatan IT.

“Karena itu saya mengapresiasi adanya pelatihan ini guna meningkatkan wawasan manajemen UMKM perajin agar lebih berdaya saing ditengah kelesuan ekonomi dan ketatnya persaingan,” pungkas Mufidah Jusuf Kalla. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.