Rabu, 25 Mei 22

Kemenkop Fasilitasi 150 KUKM Go Internasional

Kemenkop Fasilitasi 150 KUKM Go Internasional

Jakarta, Obsessionnews – Kementerian Koperasi dan UKM tahun ini akan memfasilitasi promosi 150 Koperasi Usaha Kecil Menengah (KUKM) mengikuti pameran luar negeri. Dengan KUKM Go Internasional ini diharapkan dapat meningkatkan usaha menengah ekspor sehingga mampu menambah lapangan kerja.

“Promo ini penting, kalau tidak produk akan tidak laku, satu sisi tugas kita menjadi lebih banyak tapi akan lebih terintegrasi,” ujar Deputi bidang Produksi dan Pemasaran, Kemenkop UKM, I Wayan Dipta di kantornya, Jakarta, Rabu (13/1/2016).

KUKM yang akan mengikuti pameran luar negeri akan terlebih dahulu melalui proses seleksi. Produk yang diikutkan pun harus mengikuti standar internasional sesuai aturan UN, ILO. Kemenkop UKM akan melibatkan tim ahli untuk menyortir peserta.

“Kita akan lakukan selektif, karena kita tidak ingin KUKM yang ikut itu sia-sia, habis di energi tapi tidak laku pada akhirnya,” kata Wayan.

Kemenkop UKM juga akan menggandeng Kementerian terkait melakukan identifikasi pasar mana saja yang bakal yang diperkirakan memiliki potensi keuntungan yang besar. Pasar tujuan yang diprioritaskan yakni negara yang minat produk Indonesia lebih banyak.

“Misalnya fashion itu Hongkong, para desainer Indonesia itu pandang marketnya luar bisa. Lalu produk halal itu lebih banyak Malaysia, kopi Korea, Jepang, dan Taiwan. Yang lainnya Dubai, Amerika dan Kanada,” jelasnya.

Untuk pasar dalam negeri, Kemenkop UKM memfasilitasi promosi 830 KUKM. Kegiatan promosi lain dalam rangka pemberdayaan usaha mikro yaitu melalui kegiatan pasar murah, umumnya pemberian sembako kepada masyarakat pra sejahtera yang di dalamnya prosuk-produk usaha mikro.

“Ini akan disinergikan dengan kegiatan pemerintah daerah baik tingkat kabupaten maupun kota,” timpal Herustiati, Asdep Pemasaran. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.