Selasa, 23 April 24

Kemenkop Dorong Penyandang Disabilitas Menjadi Wirausaha

Kemenkop Dorong Penyandang Disabilitas  Menjadi Wirausaha
* Sekretaris Deputi Bidang Pengembangan SDM Kemenkop dan UKM, Rulli Nuryanto pada acara Pembukaan Pelatihan Kewirausahaan bagi Penyandang Disabilitas di Gunung Kidul, DI Yogyakarta, Kamis (30/8/2018). Sumber Foto: Humas Kemenkop dan UKM

Yogyakarta, Obsessionnews.com – Kementerian Koperasi (Kemenkop) dan UKM berupaya meningkatkan jumlah wirausaha di tanah air. Upaya itu antara lain   melalui berbagai program pelatihan untuk memberi pembekalan di bidang kewirausahaan bagi berbagai kelompok masyarakat termasuk bagi penyandang disabilitas.

Hal itu disampaikan Sekretaris Deputi Bidang Pengembangan SDM Kemenkop dan UKM, Rulli Nuryanto pada acara Pembukaan Pelatihan Kewirausahaan bagi Penyandang Disabilitas di Gunung Kidul, DI Yogyakarta, Kamis (30/8/2018).

“Masyarakat berkebutuhan khusus atau penyandang disabilitas ini mempunyai hak yang sama dengan anggota masyarakat lain untuk disentuh program program Pemerintah,” kata Rulli.

Apalagi tambah Rulli, dari info yang diperoleh ada cukup banyak penyandang disabilitas ini yang memiliki potensi untuk menjadi wirausaha.

Rulli menambahkan,  untuk di kabupaten Gunung Kidul ini potensi yang dimiliki mereka adalah di bidang pembatikan, menjahit dan kuliner atau boga.

Acara ini juga dihadiri oleh Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Gunung Kidul Widagdo, S.Sos, M.Si dan Ketua Yayasan Tunas Krida Harapan Bangsa Drs. Sumedi dan para pendamping dari para penyandang disabilitas.

Dalam kesempatan yang sama Widagdo mengatakan bahwa jumlah penyandang disabilitas di kabupaten Gunung Kidul berjumlah sekitar 7.770 orang. 

“Pelatihan semacam ini tentu perlu dalam upaya membantu kemandirian mereka dan berharap dapat terus dilanjutkan,” tambahnya. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.