Selasa, 26 Oktober 21

Kemenkop Dorong Modernisasi Koperasi

Makassar, Obsessionnew.com – Kementerian Koperasi dan UKM ke depan akan mengembangkan wajah koperasi Indonesia arah koperasi yang berkualitas dan dikelola modern. Dengan begitu koperasi diyakini bisa setara dengan perusahaan swasta maupun BUMN.

“Setelah melalui tahap rehabilitasi dan reorientasi, maka pengembangan koperasi ke depan diarahkan menuju koperasi berkualitas yang dikelola secara modern, atau modernisasi koperasi,” kata Sekretaris Kemenkop dan UKM Agus Muharram, dalam Kongres Koperasi ke-III di Makassar, Kamis (13/7/2017).

Agus menjelaskan langkah-langkah modèrnisasi koperasi dan kesetaraan itu sudah dimulai dan akan terus dilakukan mengantisipasi dinamika ekonomi yang berjalan begitu cepat. Seperti pengesahan koperasi melalui sistem online, maupun Rapat Anggota Tahunan (RAT) elektronik.

Langkah menuju kesetaraan, juga dilakukan antara lain dengan langkah Kemenkop UKM menjalin kerjasama dengan kementerian terkait, menyiapkan koperasi untuk dapat mengelola lahan obyek reformasi agraria. Dalam hal ini Kemenkop UKM telah menyiapkan 42 koperasi di 9 propinsi untuk bisa memanfaatkan lahan reformasi agraria.

Di bidang regulasi, Kemenkop UKM juga melakukan kajian peraturan peraturan apa yang menghambat perkembangan koperasi. Misalnya dalam keuangan, dimana koperasi dalam UU koperasi yang baru, dimungkinkan membuat lembaga penjaminan simpanan seperti yang ada di perbankan. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.