Kamis, 2 Desember 21

Kemenkop dan Kemendes Bersinergi Berdayakan Masyarakat Desa

Kemenkop dan Kemendes Bersinergi Berdayakan Masyarakat Desa
* Pembangunan rumah layak huni yang diprakarsai Kementerian Koprasi dan UKM.

Jakarta, Obsessionnews.com – Menteri Koperasi dan UKM AAGN Puspayoga dan Menteri Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal & Transmigrasi Eko Putro Sandjojo sepakat mengembangkan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa melalui koperasi dan Badan Usaha Milik Desa (BUMDES).

Kesepakatan itu dituangkan dalam Memorandum of Understanding (MoU) antara Kementerian Koperasi dan UKM bersama Kementerian Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi tentang Pemberdayaan Masyarakat Desa Melalui Koperasi dan BUMDES.

Menkop AAGN Puspayoga mengatakan sinergi dua kementerian bertujuan untuk memberdayakan koperasi dan UKM melalui sinergi dengan program dari Kemendes dan PDT.

“Koperasi itu jarang ngemplangnya apalagi UKM-nya, KUR juga sekarang yang sedang berjalan NPL-nya nol koma, jadi sangat bertanggung jawab pengusaha kecil kita,” kata Puspayoga melalui siaran pers tertulis, Minggu (25/9/2016).

Sementara Menteri Desa Eko Putro Sandjojo mengatakan Wonosobo dipilih sebagai proyek percontohan. Seiring dengan konsep nawacita pemerintah yang mencanangkan pembangunan dari desa-desa tertinggal dan wilayah pinggiran.

“Ada separuh dari penduduk kita ada di desa dan lebih dari 100 angkatan kerja kita ada di desa-desa. Kita sama-sama membuat masyarakat kita menjadi lebih makmur dan sejahtera,” katanya.

Sebelumnya, Menkop Puspayoga dan Mendes Eko Putro Sandjojo menandatangani nota kesepahaman bersama di Wonosobo, Jawa Tengah, yang dihadiri ratusan masyarakat dari kabupaten tersebut dan sekitarnya.

Bersamaan dengan acara itu juga diserahkan bantuan program dari Kemenkop meliputi Izin Usaha Mikro Kecil (IUMK), Nomor Induk Koperasi (NIK), Dana Bergulir, dan Kredit Usaha Rakyat (KUR). Selain itu juga diserahkan bantuan program dari Kemendes dan  PDT serta Pemda. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.