Senin, 14 Oktober 19

Kemenkop Buka Program Magang Pelajar di Tempat UKM

Kemenkop Buka Program Magang Pelajar di Tempat UKM
* Sekretaris Deputi Bidang Pengembangan SDM, Kemenkop dan UKM Talkah Badrus (tengah) membuka pelatihan Vocational Keterampilan Teknis Bagi SDM KUMKM Bidang e-commerce di Bogor. (Foto: Pessy/ON)

Bogor, Obsessionnews.com – Kementerian Koperasi dan UKM membuka program magang bagi pelajar. Program magang dimaksud tidak dilakukan di lingkungan perusahaan sebagaimana biasanya, melainkan langsung di tempat-tempat usaha UKM.

“Program ini memiliki kelebihan. Banyak aspek yang dipelajari di UKM lebih praktis dibanding perusahaan,” kata Sekretaris Deputi Bidang Pengembangan SDM, Kemenkop dan UKM Talkah Badrus saat membuka pelatihan Vocational Keterampilan Teknis Bagi SDM KUMKM Bidang e-commerce di Bogor, Sabtu (5/10/2019).

“Di lingkungan praktis UKM, pelajar akan belajar bagaimana membangun usaha dari tahap paling bawah,” sambungnya.

Talkah mengatakan dewasa ini pemerintah sedang menghadapi masalah pengangguran yang disebabkan banyaknya lulusan vocational dari sekolah STM maupun SMK, justru bekerja tidak sesuai dengan keahliannya.

Secara umum Kemenkop dan UKM akan terus mengupayakan program pelatihan pengembangan SDM bagi pelaku usaha di Tanah Air. Program yang dijalankan telah meningkatkan kesadaran publik untuk berkoperasi dan berwirausaha.

“Saat ini sadar berkoperasi dan berwirausaha sudah mulai menumbahkan banyak respon masyarakat dari berbagai kalangan. Contohnya, saat ini sudah da koperasi startup yaitu Coop yang banyak bermunculan,” ujar Talkah.

Di tempat yang sama, Asisten Deputi Pengembangan Peran Serta Masyarakat Kemenkop dan UKM, Hariyanto mengatakan pihaknya ingin menumbuhkan calon wirausaha baru dari berbagai kalangan, baik itu pemuda, mahasiswa, masyarakat umum, maupun wartawan.

“Jadi kita ingin teman-teman itu tidak hanya menjalankan tugas pokoknya sebagai wartawan, namun ke depan bisa mengelola usaha sendiri. Kami yakin teman-teman bisa melakukan itu,” kata Hariyanto. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.