Senin, 29 November 21

Kemenkes Mau Vaksinasi Ulang Gratis Bayi dan Balita

Kemenkes Mau Vaksinasi Ulang Gratis Bayi dan Balita

Jakarta, Obsessionnews.com –¬†Kementerian Kesehatan (Kemenkes) bersedia memberikan vaksin ulang secara gratis, jika merasa bayi dan balitanya telah diberikan vaksin palsu.

“Kalau vaksin ini tidak menimbulkan kekebalan, kita akan dilakukan vaksinasi ulang,” ujar Dirjen Bina Kefarmasian dan Alat Kesehatan Kemenkes, Maura Linda Sitanggang di Bareskrim Mabes Polri, Jakarta, Selasa (28/6/2016).

Nantinya melalui Satgas Penanganan Vaksin Palsu akan bergerak untuk mencari data dan daerah yang dicurigai menerima vaksin palsu. Bila ditemui bayi atau balita yang menerima vaksin palsu, Kemenkes siap memberikannya secara gratis.

“Pemerintah dalam hal ini Kemenkes siap memberikan vaksin secara gratis,” kata Linda.

Linda menambahkan, orangtua yang merasa bayi atau balitanya kerap sakit dapat mengonsultasikan hal itu kepada dokter. Hal ini, menurut Linda merupakan cara gampang apakah sang anak pernah mendapatkan vaksin palsu atau tidak.

“Hal-hal yang berbahaya atau mengkhawatirkan langsung kelihatan. Misalnya panas tinggi dan gangguan kesehatan lainnya lah,” ungkap Linda.

Menurut Linda, pemberian vaksin palsu kepada anak tak terlalu memberikan efek samping seperti obat untuk penyakit tertentu. Namun, efek yang dirasakan hanyalah kurang kebalnya imun sang anak terhadap bakteri-bakteri pembawa penyakit.

Linda juga mengharapkan agar ibu-ibu bawa anaknya vaksinasi agar bayi dan anaknya sehat, tetapi sesudah itu kalau tidak sehat pasti akan lapor, lain halnya dengan penyakit.

“Kalau sakit misalnya jantung enggak akan langsung sembuh dan ada efek obat segala macam,” tuturnya. (Purnomo)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.