Kamis, 17 Oktober 19

Kemenhub Rancang e-Ticketing untuk PO

Jakarta, Obsessionnews.com – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menghimbau kepada seluruh perusahaan otobus (PO) supaya mengintegrasikan sistem pelayanan tiketing ke online system atau e-Ticketing. Sistem ini diharapkan bisa memberikan pelayanan lebih baik kepada masyarakat.

“Saya menganggap sistem e-Ticketing ini adalah suatu kebutuhan kalau ini sudah terinformasi secara luas dan masyarakat sudah terbiasa,” kata Sekjen Kemenhub Sugihardjo saat meninjau Terminal Pulogebang, Jakarta Timur, Rabu (28/6/2017).

Setelah diujicobakan di Terminal Pulagebang, baru sebanyak 10 PO yang terintegrasi dengan e-Ticketing meski tidak disebutkan dari mana saja. Namun, Sugihardjo memperkirakan jumlahnya akan bertambah usai lebaran mengingat penggunaan sistem ini baru sebatas uji coba.

“Mereka (PO) yang tidak bergabung dengan sistem ini akan ditinggal. Jadi ini kebutuhan dan akan rugi sendiri bagi yang gak bergabung,” tandasnya.

Banyak PO yang menjual tiketnya masing-masing di terminal sehingga memakan banyak space. Hal inilah yang membuat Kemenhub menginisiasi pemberlakukan sistem e-Ticketing. Dalam merancang program ini, Kemenhub kerja sama dengan Organda DKI Jakarta.

“Jadi kewajiban perusahaan menyediakan informasi jurusan mana, bus layanannya seperti apa dan berapa harga,” kata Sugihardjo.

Sistem ini akan memudahkan masyarakat untuk mengetahui harga tiket, mobil apa dan jurusan mana yang dituju, karena semua informasi terkait hal itu akan masuk ke server. Di sana masyarakat sebagai calon penumpang bisa mengakses sendiri tanpa merasa kesulitan.

Harga selalu dinamika bergerak setiap hari, bahkan dalam hitungan jam berganti. Kalau ada perubahan harga dan layanan itu diinformasikan ke server, penumpang bisa klik sendiri, pilih jurusannya, perusahannya apa, mobil apa nanti di sini,” ujar Sugihardjo.

Di tempat yang sama, Direktur Prasarana Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek, Rizal mengungkapkan terminal Pulogebang menjadi tempat uji coba sistem e-Tickting. Ke depan sistem ini akan diberlakukan di terminal lainnya.

“Saat ini masih melakukan pendataan, PO menyampaikan informasi terkait kesediaan kendaraan, jumlah seat yang disediakan,” kata Rizal.

Tingkat efektifitasnya akan dilihat sebagai bahan evaluasi. Selanjutnya, pada bulan September 2017, sistem e-Tickting baru akan diluncurkan bersamaan dengan peringatan Hari Perhubungan.

“Mungkin di hari Perhubungan kita bisa secara keseluruhan bisa laksanakan sistem ini,” ungkap Rizal. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.