Rabu, 25 November 20

Kemenhub Antisipasi Kemacetan Liburan Mei

Kemenhub Antisipasi  Kemacetan Liburan Mei

Jakarta, Obsessionnews Liburan panjang 5-8 Mei 2016 ini, diantisipasi oleh Kementerian Perhubungan dengan bekerjasama dengan kepolisian atau dinas perhubungan terkait.

Tanggal 5 Mei adalah libur Kenaikan Isa Almasih, 6 Mei libur Isra Miraj Nabi Muhammad SAW. Sedangkan 7 dan 8 Mei Sabtu dan Minggu.

Seperti biasanya, pada saat libur panjang, masyarakat memanfaatkan untuk berlibur ke luar kota. Sejumlah daerah seperti Bogor, Puncak, Cianjur dan Bandung di provinsi Jawa Barat akan menjadi tujuan berlibur. Pantai Anyer dan Carita di provinsi Banten juga akan menjadi serbuan masyarakat.

Baca juga:

Kak Seto Ajak Ortu tak Emosi Bawa Anak Liburan

Libur Tiba, Tempat Wisata di Bandung Berbenah

Yuk, Ikutan Lomba Foto Sony

Pelatih Barcelona Liburan di Bali

Sejumlah kota di Jawa Tengah dan DI Yogyakarta juga akan menjadi sasaran masyarakat untuk menghabiskan masa liburnya. Tidak mengherankan jalur tol Jakarta-Merak, tol Jakarta-Purbalenyi arah Bandung, Garut dan Tasikmalaya serta tol Jakarta-Cikampek-Palimanan (Cipali) arah Cirebon, Tegal dan Jawa Tengah akan dipadati oleh kendaraan masyarakat yang akan berlibur.

Bukan hanya jalur darat yang akan dipadati masyarakat. Stasiun, pelabuhan dan penyeberangan serta bandar udara juga dipastikan akan mengalami peningkatan pengunjung.

“Kita berkoordinasi dengan Kepolisian dan Dinas Perhubungan Provinsi/Kota/Kabupaten untuk mengantisipasi libur panjang,” kata Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub Pudji Hartanto di Jakarta, seperti dilansir laman kemenhub.go.id.

Kepolisian dan Dishub akan menempatkan personilnya di sejumlah titik yang selama ini menjadi simpul-simpul kemacetan.

Koordinasi juga sudah dilakukan dengan perusahaan BUMN transportasi seperti PT ASDP Indonesia Ferry sebagai perusahaan penyeberangan dan pengelola pelabuhan, PT Angkasa Pura I dan II sebagai pengelola bandara, PT Garuda Indonesia sebagai perusahaan penerbangan, serta PT PELNI dan PT KAI sebagai perusahaan angkutan pelayaran dan angkutan berbasis rel.

“Saay terjadi kepadatan, masyarakat diminta untuk mempersiapkan segala keperluan selama dalam perjalanan dan tetap sabar dalam antrian,” pungkas Pudji. @reza_indrayana

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.