Jumat, 26 April 24

Kemendag Yakin Harga Daging Turun Jelang Idul Adha

Kemendag Yakin Harga Daging Turun Jelang Idul Adha
* Pembukaan The World of Panorama (WOP) langsung diserbu pelanggan

Jakarta, Obsessionnews – Kementerian Perdagangan yakin betul kalau harga daging sapi dan kambing bakal stabil menjelang hari raya Idul Adha. Bahkan, harga diperkirakan cenderung turun saat mendekati hari H yang jatuh pada 24 September mendatang.

Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan Srie Agustina, di kantornya, di Jakarta, Jumat (18/9) mengatakan, umumnya menjelang Idul Fitri dan Idul Adha pola konsumsi daging sapi serta kambing berubah. Makanya, dengan perubahan itu berdampak langsung pada harga jual daging.

“Kalau Idul Fitri itu memang kebutuhan konsumsi (dagingnya) sangat tinggi, kalau ini (Idul Adha) tinggi tapi kan masyarakat melakukan kurban kemudian membagikannya gratis. Jadi artinya (Idul Adha) ini sosial dan setelah itu harga relatif turun,” katanya.

Menurut data yang disodorkan Kemendag, rata-rata harga daging sapi saat ini sudah turun jadi Rp 108 ribu perkilogram dari Rp 110 ribu. Hingga saat ini, Srie bilang ada 270 ribu ekor pasokan sapi lokal jelang Idul Adha di wilayak Jabodetabek.

Sementara itu, pasokan sapi lokal yang bakal dijadikan qurban tahun ini diperkirakan mencapai 170 ribu ekor untuk Jabodetabek. Pasokan itu, berasal dari Nusa Tenggara, Jawa Tengah, serta Jawa Timur.

Sementara pasokan kambing, saat ini mencapai 800 ribu ekor. 500 ribu ekor di antaranya, bakal diqurbankan. Ini artinya kata Srie, stok cukup dan harga akan landai.(Mahbub Junaidi)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.