Minggu, 26 September 21

Kemendag Yakin Capai Target Transaksi Sebesar USD 2 Miliar di TEI 2013

Kemendag Yakin Capai Target Transaksi Sebesar USD 2 Miliar di TEI 2013

Gita Wirjawan (ist).

Gia

Jakarta- Kementerian Perdagangan RI menargetkan pencapaian transaksi sebesar USD 2 miliar di Pameran dagang terakbar di Indonesia, yakni Trade Expo Indonesia (TEI) ke-28.
Pameran bertaraf internasional ini akan diselenggarakan pada 16-20 Oktober 2013 di Jakarta International Expo (JIExpo).
“Dengan mengusung tema ‘Trade with Remarkable Indonesia’, kami yakin dapat mencapai taget tersebut karena tema dimaksud dapat menggambarkan kesan positif Indonesia sebagai negara yang mampu menghasilkan produk-produk berkualitas dan memenuhi standar internasional,” ujar Menteri Perdagangan RI, Gita Wirjawan di Kementerian Perdagangan (20/6).
Citra positif Indonesia kata Gita direalisasikan melalui upaya peningkatan nilai tambah, baik dari segi kualitas itu sendiri maupun dari pengembangan desain dan kemasan. Sementara, nilai tambah dapat dicapai dengan memanfaatkan potensi sumber daya alam Indonesia yang melimpah, yang diolah secara terarah dan berkisambungan.
“Dengan penggunaan dan penguasaan alih teknologi yang tepat guna dan berstandar internasional oleh para tenaga kerja yang profesional, perkembangan sektor perdagangan, serta strategi hilirisasi di Indonesia telah menunjukkan kemajuan yang pesat. Penerapan teknologi yang ramah lingkungan dan kearifan lokal merupakan kekuatan tersendiri dan menjadi nilai tambah terhadap daya saing produk-produk ekspor Indonesia,” jelas Gita.
Menurut Gita, penyelenggaraan TEI ke-28 merupakan salah satu kekuatan utama untuk meningkatkan ekspor. Secara khusus, penyelenggaraan TEI ke-28 tahun ini juga merupakan upaya untuk dapat mempertahankan dan meningkatkan posisi ekspor Indonesia ke negara-negara tradisional serta untuk mengembangkan akses dan peluang pasar ekspor ke negara-negara non tradisional, seperti Asia, Afrika, Timur Tengah, Eropa Timur dan Amerika Latin.
Produk-produk yang akan ditampilkan pada TEI ke-28 antara lain komponen otomotif, kakao, kopi, CPO, peralatan elektronik, alas kaki, furnitur, karet dan produk karet, tekstil dan produk tekstil, minyak esensial, kerajinan tangan, obat-obatan herbal, perhiasan dan aksesoris, kulit dan produk kulit, makanan olahan, produk pertanian, bahan bangunan, bahan kimia, makanan dan minuman, perabotan rumah tangga, barang pecah belah, produk kertas, dan peralatan olah raga.
Selain produk utama dan potensial, TEI 2013 juga akan menampilkan bidang jasa seperti tenaga kerja terlatih, jasa pertambangan, serta jasa perbankan dan asuransi.
Para peserta pameran yang akan hadir merupakan perusahaan-perusahaan terpilih dengan produk-produk unggulannya. Kondisi ini tentu saja berkaitan langsung dengan pengelolaanserta pengadaan jasa tenaga kerja profesional, berwawasan, terampil dan teruji dengan kemampuan personal yang dapat diandalkan.
Dalam rangkaian TEI 2013, juga akan diselenggarakan pameran Jakarta Fashion Week 2014 yang akan digelar pada 19-25 Oktober 2013 di Senayan City, Jakarta, dan Jogja Trade Expo 2013 pada 18-22 Oktober 2013 di D.I. Yogyakarta serta World Bali Seafood Show pada 22-23 Oktober 2013 di Bali International Convention Centre, Westin Resort Nusa Dua Bali.

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.