Minggu, 3 Juli 22

Kemenangan Gibran dan Bobby Akibat Jokowi Effect

Kemenangan Gibran dan Bobby Akibat Jokowi Effect
* ilustrasi : Gibran Rakabumining Raka saat menjawab pertanyaan wartawan (Foto : Galeri Obsession)

Jakarta, Obsessionnews.com – Putra Sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi), Gibran Rakabumining Raka – Teguh Prakosa menang telak atas lawan politiknya Bagyo Wahyono – FX Supardjo. Dalam versi hitung cepat pasangan calon (paslon) Gibran mendulang suara 87,15 persen. Sedangkan paslon Bagyo hanya memperoleh 12,85 persen.

Atas kemenangan itu, Gibran mengaku dibanjiri ucapan selamat dari para sahabat dan berbagai pihak lainnya. Dia menyampaikan terima kasih atas dukungan semua pihak sehingga dirinya bisa menang versi hitung cepat. Gibran akan tetap menunggu hasil resmi dari KPU.

“Kita tidak ingin fokus pada angka, kita tunggu pengumuman resmi KPU. KIta juga akan segera menjalin komunikasi intensif dengan pak Walikota (FX Hadi Rudyatmo),” katanya, Kamis (10/12/2020).

Sementara itu Peneliti Charta Politika Indonesia, Ardha Ranadireksa, menilai kemenangan Gibran lebih disebabkan oleh efek Jokowi (Jokowi Effect) yang dinilai menjadi pemimpin negara tergolong baik. Efek Jokowi inilah yang juga akhirnya menentukan kemenangan menantuanya Bobby Nasution dalam Pilkada di kota Medan.

“Unggul suara Bobby salah satunya terjadi karena popularitas sudah tidak jadi problem utama. Bobby dengan segala pro-kontranya seperti tudingan dinasti politik, tapi segi itu malah menaikkan sosialisasi dan memberikan pengenalan dia kepada masyarakat,”ungkapnya. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.