Sabtu, 20 April 24

Kemenag Terus Perkuat Pengarusutamaan Moderasi Beragama

Kemenag Terus Perkuat Pengarusutamaan Moderasi Beragama
* Kepala Puslitbang Bimas Agama dan Layanan Keagamaan Balitbang Kementerian Agama Muhammad Adlin Sila. (Foto: Humas Kemenag)

Jakarta, Obsessionnews.com -Penguatan moderasi beragama di Indonesia sangat penting. Sebab, penguatan moderasi beragama juga menegaskan realitas keragaman Indonesia. Terkait hal itu Kementerian Agama (Kemenag) terus memperkuat pengarusutamaan moderasi beragama.

 

Baca juga:

Moderasi Beragama Perlu Dapat Dukungan dari Berbagai Pihak

Wamenag Sebut KUA Institusi Penting Perkuat Moderasi Beragama

 

Hal itu diungkapkan Kepala Puslitbang Bimas Agama dan Layanan Keagamaan Balitbang Kemenag Muhammad Adlin Sila yang dikutip obsessionnews.com dari keterangan tertulis Humas Kemenag, Rabu (14/10/2020).

“Penguatan moderasi beragama ini menegaskan realitas keragaman bahasa, budaya, dan agama yang telah menjadi identitas bangsa Indonesia,” ujar Adlin.

Hal ini, lanjutnya, memiliki nilai strategis dalam kancah dunia internasional.

Menurut Adlin, moderasi beragama bukan hal baru di Indonesia. Moderasi beragama bahkan sudah menjadi karakter bangsa dan ciri khas masyarakat Indonesia yang plural. Namun, moderasi beragama tetap harus diperkuat.

“Penguatan harus kita suarakan lebih lantang. Makanya kita memilih kata penguatan. Kita memperkuat kembali yang sebelumnya mungkin lemah atau dilemahkan,” tandasnya.

Kemenag memiliki posisi  sentral untuk memperkuat moderasi beragama di Indonesia. Banyak upaya dilakukan, salah satunya menerbitkan buku moderasi beragama pada tahun 2019 yang diharapkan bisa menjadi panduan masyarakat.

Meski nilai-nilai moderat sudah lama melekat di masyarakat Indonesia, Adlin berharap  masyarakat  moderat  tidak diam saja melihat adanya upaya untuk melemahkan moderasi beragama di Indonesia.

“Jadi jangan sampai kita disebut sebagai silent majority. Jadi kelompok mayoritas yang moderat ini jangan diam saja,” tegasnya. (arh)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.