Kamis, 6 Oktober 22

Kemenag Targetkan Instrumen AKMI Selevel dengan PISA

Kemenag Targetkan Instrumen AKMI Selevel dengan PISA
* Pengembangan instrumen Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia (AKMI). (Foto: Kemenag)

Obsessionnews.com – Direktorat Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah Kementerian Agama (Kemenag) terus mengembangkan instrumen Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia (AKMI). AKMI ditargetkan selevel dengan PISA.

 

Baca juga:

Jelang Tahun Politik, Wamen Zainut Ingatkan ASN Kemenag Jaga Kerukunan

Lepas Keberangkatan SOC 43, Sekjen Kemenag: Operasional Haji 2022 Berakhir

 

 

PISA singkatan dari Programme for International Student Assessment, biasa diterjemahkan sebagai Program Penilaian Pelajar Internasional. PISA adalah studi penilaian tingkat internasional yang diselenggarakan oleh OECD untuk mengevaluasi sistem pendidikan di dunia dengan mengukur performa akademik pelajar sekolah berusia 15 tahun pada bidang matematika, sains, dan kemampuan membaca.

“Pada proses pembelajaran, saya berharap pada AKMI. AKMI harus satu level dengan PISA. Saya harap bapak dan ibu penulis terus memperbaiki mutu soal ini,” kata Direktur KSKK Madrasah M Isom Yusqi saat memberikan sambutan pada giat “Pengembangan dan Validasi Instrumen Literasi Sains” di Yogyakarta, Kamis (18/8/2022).

Dikutip dari laman resmi Kementerian Agama, Jumat (19/8), giat yang berlangsung tiga hari, 18-20 Agustus 2022, ini bertujuan mengembangkan soal asesmen untuk empat literasi dan profil keunggulan. Hadir para guru madrasah pilihan untuk mengembangkan dan memvalidasi soal AKMI. Mereka terdiri atas guru Bahasa Indonesia, Matematika, MIPA, IPS, serta rumpun Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Bahasa Arab.

Hadir juga tim pakar dari kampus unggulan pada Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) dan Perguruan Tinggi Umum (PTU) Negeri. (red/arh)

Related posts

1 Comment

  1. Pingback: Kemenag Targetkan Instrumen AKMI Selevel dengan PISA - Obsession News - PROGRAM DAN KEUANGAN DINAS KESEHATAN KOTA PAREPARE

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.