Sabtu, 20 April 24

Kemenag Siap Gelar Seleksi Tilawatil Quran Tingkat Nasional

Jakarta, Obsessionnews.com – Kementerian Agama kembali menggelar Seleksi Tilawatil Quran (STQ) tingkat Nasional. Rencananya, event dua tahunan ini akan diselenggarakan di provinsi termuda, Kalimantan Utara.

Direktur Penerangan Agama Islam (Penais) Ditjen Bimas Islam Khoiruddin saat menyampaikan laporan kepada Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengatakan, STQ Nasional akan berlangsung dari 14 – 21 Juli 2017.

Selain Presiden Joko Widodo yang dijadwalkan hadir, STQ juga akan dihadiri perwakilan negara tetangga seperti Malaysia dan Brunei Darussalam.

Khoiruddin menjelaskan, persiapan STQ Nasional telah mencapai 90 persen. Hingga saat ini, telah ada 471 peserta dari 34 provinsi yang terkonfirmasi akan turut serta dalam ajang STQ Nasional. Ajang ini juga akan dimeriahkan dengan gelaran seni melayu.

Soal penunjukkan Kaltara sebagai lokasi penyelenggara, Khoiruddin mengatakan, meski digelar di provinsi termuda dirinya optimis pelaksanaan STQ Nasional tahun ini akan berjalan lancar.

“Tanggal 5 Juli mendatang saya akan terbang ke Tarakan untuk mengecek persiapan akhir STQ,” ujarnya, seperti dilansir laman resmi Kemenag.

Sebagai bagian persiapan, Khoiruddin terus berkoordinasi dengan Kementerian Perhubungan, Kementerian Dalam Negeri, dan Kementerian Luar Negeri. Menurutnya, STQ Nasional merupakan gelaran yang melibatkan instansi-instansi lain.

“Melalui STQ, peserta diharapkan tidak hanya pandai membaca Alquran, namun juga dapat mengamalkannya di dalam kehidupan sehari-hari,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Menag Lukman menyoroti tentang profesionalitas dewan hakim. Menag berpesan, agar komposisi dewan juri dapat mengakomodir seluruh ulama ahli Alquran, tidak terbatas pada ulama-ulama tertentu saja. (Fath)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.