Selasa, 7 Desember 21

Kemenag Minta Siswa Madrasah Aliyah Berprestasi Masuk PTKIN Tanpa Tes

Kemenag Minta Siswa Madrasah Aliyah Berprestasi Masuk PTKIN Tanpa Tes
* Pertemuan Wakil Rektor (WR)/Wakil Ketua (WK) Bidang Kemahasiswaan, Kerja Sama, dan Alumni Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) se-Indonesia di IAIN Manado, 10 - 13 Desember 2020. (Foto: Kemenag)

Manado, Obsessionnews.com – Ini kabar yang menggembirakan bagi alumni madrasah aliyah yang berprestasi. Wakil Rektor (WR)/Wakil Ketua (WK) Bidang Kemahasiswaan, Kerja Sama, dan Alumni diminta untuk mengundang secara khusus alumni madrasah aliyah yang berprestasi untuk masuk ke Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) tanpa tes.

Permintaan tersebut disampaikan Direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (Diktis) Direktorat Jenderal (Ditjen) Pendidikan Islam Kementerian Agama (Kemenag) Suyitno saat membuka acara Pertemuan WR/WK III PTKIN se-Indonesia di IAIN Manado, 10 -13 Desember 2020.

Dikutip obsessionnews.com dari keterangan tertulis Kemenag, Sabtu (12/12), dalam kesempatan itu Suyitno menuturkan, siswa-siswi yang hafiz Alquran, juara olimpiade, mempunyai prestasi akademik dan non akademik, serta brillian, bisa menjadi bibit-bibit unggul bagi pengembangan PTKI.

“Kita ingin memastikan input mahasiswa yang masuk ke PTKIN dari tahun ke tahun adalah yang berkualitas dan WR/WK III mempunyai data prestasi mahasiswa sejak awal untuk memudahkan pembinaan,” katanya.

Ia menegaskan, tugas PTKI bukan mengajarkan baca tulis Alquran, tetapi sudah menyentuh ke substansi keagamaan. Disinyalir saat ini masih ada mahasiswa yang belum bisa mengaji.

“Mestinya kemampuan membaca Alquran sudah selesai saat mereka di pendidikan dasar dan menengah, bahkan MI dan MTs,” tegasnya.

Halaman selanjutnya

Pages: 1 2 3

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.