Selasa, 1 Desember 20

Kemenag Minta Khotbah Jumat Tak Provokatif dan Politis

Kemenag Minta Khotbah Jumat Tak Provokatif dan Politis
* Ilustrasi seorang khotib sedang menyampaikan khutbah jumat (foto : Ist)

Jakarta, Obsessionnews.com – Kementerian Agama (Kemenag) meminta para dai atau khotib sholat Jumat membawakan materi khotbahnya dengan cara yang benar dan materi yang khotbah yang menyejukkan. Diharapkan isi khotbah tidak mengandung unsur-unsur yang bisa mendorong munculnya radikalisme. Materi khotbah Jumat harus disesuaikan dengan tuntunan dan syariat yang telah ditetapkan.

Hal itu yang menjadi salah satu objek pembahasan Kemenag dalam rencana strategis (Renstra) Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat (Bimas) Islam  Kemenag. Kemenag menekankan pentingnya penyajian khotbah Jumat yang mencerdaskan dan jauh dari provokasi. Renstra ini dilakukan dalam bentuk webinar yang diikuti lebih dari seribu aparatur Kementerian Agama di seluruh Indonesia, Selasa, (20/10/2020).

Direktur Jenderal Bimas Islam Kemenag Kamaruddin Amin mengungkapkan, pihaknya akan meningkatkan perhatian terhadap hal ini. Diakuinya bahwa saat ini masih ada cukup banyak khotbah Jumat yang berisi fatwa politik praktis serta materi-materi yang provokatif. Untuk itu pihaknya akan meningkatkan intensitas penyelesaian konflik intra umat beragama, dia melalui naskah khotbah Jumat yang bermutu.

“Saat ini diperlukan materi khotbah Jumat yang responsif dan relevan dengan perkembangan zaman,” kata Kamaruddin Amin dalam keterangannya, Selasa (20/10/2020)

Dia menambahkan, stabilitas kehidupan beragama di Indonesia tak bisa dilepaskan dari meningkatnya kualitas bimbingan dan penyuluhan agama Islam. Penyuluhan dilakukan, di antaranya melalui standardisasi kompetensi kepenyuluhan agama Islam berbasis kurikulum moderasi beragama.

Kemenag akan menyediakan literasi digital yang mendukung peningkatan kualitas para pemuka agama yang mengakses masyarakat, di antaranya melaui para khatib Jumat. Selama ini Kemenag telah menyiapkan naskah-naskah khotbah Jumat gratis, termasuk naskah yang khusus untuk disampaikan kepada generasi millenial sebagai bagian penting dari struktur sosial saat ini.

“Bahan-bahan khobah Jumat dapat diunduh melalui laman http://simbi.kemenag.go.id. Link ini menyediakan naskah khutbah yang bisa diakses secara gratis oleh masyarakat,” pungkasnya.

Perhatian terhadap hal ini menjadi bagian dari program besar moderasi beragama. Dalam misi besar ini berbagai cara telah ditempuh Kemenag belakangan ini, termasuk pembaruan buku-buku ajar, pembinaan penceramah berwawasan kebangsaan, pembentukan Pokja Moderasi Beragama, dan penyusunan buku Moderasi Beragama. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.